Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurang Laku, Tarif Hotel di Jabodebek & Banten Tetap Naik Pada Kuartal I/2014

Kendati mengalami penurunan tingkat okupansi, tarif hotel di Jabodebek dan Banten masih mengalami peningkatan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati mengalami penurunan tingkat okupansi, tarif hotel di Jabodebek dan Banten masih mengalami peningkatan.

Hasil survei Bank Indonesia mengenai perkembangan properti komersial pada kuartal I/2014 menunjukkan kenaikan itu terutama dipicu oleh peningkatan tarif kamar hotel bintang 5 di kawasan prime Jakarta.

Laporan tersebut menjelaskan pada kuartal tersebut pasokan hotel bintang 3, 4 dan 5 di Jabodebek mencapai 27.538 kamar dengan beroperasinya Hotel Holiday Inn Express di kelas hotel bintang 3.

Jumlah tersebut meningkat 0,37% (quartal-to-quartal) atau 3,82% (year-on-year).

Namun, tingkat okupansi justru mengalami perlambatan pertumbuhan -9,69% (q-t-q) atau 4,33% (y-o-y) akibat faktor musiman (low season) di awal tahun setelah peak season di akhir tahun 2013.

“Penurunan tingkat okupansi hotel dipicu peningkatan pasokan serta telah berakhirnya peak season di akhir tahun,” ungkap laporan tersebut, seperti dilansir situs resmi BI, Senin (12/5/2014).

Walaupun begitu, tarif kamar hotel di jabodebek pada kuartal I/2014 meningkat sebesar 5,90% (q-t-q) atau 5,43% (y-o-y).

Peningkatan itu, terutama terjadi pada segmen hotel bintang 5 di kawasan prime Jakarta, seperti Hotel Mulia, Grand Hyatt dan Hotel Pullman.

Sementara itu, wilayah Banten juga mengalami peningkatan pasokan hotel, yakni sebesar 8,97% (q-t-q) atau 41,99% (y-o-y) dengan beroperasinya Hotel Novotel di kawasan superblok Tangerang City.

Kendati begitu, tingkat hunian hotel di wilayah itu juga mengalami penurunan.

“Faktor musiman yang berdampak pada penurunan tingkat hunian hotel juga terjadi di wilayah Banten. Pada periode ini, tingkat okupansi tercatat mengalami kontraksi sebesar -3,14% (q-t-q) atau tumbuh melambat sebesar 6,49% dibandingkan tahun lalu,” ungkap laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper