Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUANG RITEL: Serapan di Kuartal I/2014 Melempem

Penyerapan ruang ritel pada pusat perbelanjaan sewa di Jakarta pada kuartal I/2014 mengalami penurunan yang cukup signifikan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 23 April 2014  |  22:50 WIB
Perkembangan nilai tukar rupiah akhir-akhir ini turut menjadi tantangan bagi peritel, khususnya produk impor.  - bisnis.com
Perkembangan nilai tukar rupiah akhir-akhir ini turut menjadi tantangan bagi peritel, khususnya produk impor. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penyerapan ruang ritel pada pusat perbelanjaan sewa di Jakarta pada kuartal I/2014 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Head of Strategic Consulting Jones Lang LaSalle, Vivin Harsanto, mengatakan penurunan yang cukup signifikan tersebut dipicu oleh sepinya ekspansi peritel. “Antara Januari-Maret 2014 tercatat hanya sekitar 3.600 meter persegi penyerapan bersih (net take-up),” katanya, Rabu (23/4/2014).

Kondisi itu mengakibatkan tingkat hunian relati stabil di kisaran 92% hingga akhir kuartal I/2014.

Secara umum, Vivin menilai pasar peritel masih terus bertumbuh dipicu oleh tingginya konsumsi masyarakat, terutama kelas menengah di Ibu Kota. “Ini menarik tumbuhnya bisnis inidan didukung oleh ekspansi para peritel yang mendorong permintaan ruang ritel,” sebutnya.

Kendati begitu, tambahnya, perkembangan nilai tukar rupiah akhir-akhir ini turut menjadi tantangan bagi peritel, khususnya produk impor. “Itu juga berpengaruh bagi tingkat penjualan dan akhirnya berdampak pada harga sewa yang relatif lambat dalam beberapa triwulan terakhir,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat perbelanjaan ruang ritel sewa
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top