Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menperin: Industri Keramik Indonesia Unggul Dalam Bahan Baku

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan industri keramik nasional memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produsen keramik dari negara lain.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 17 April 2014  |  17:47 WIB
Menperin M.S. Hidayat
Menperin M.S. Hidayat

Bisnis.com,JAKARTA-Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan industri keramik nasional memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produsen keramik dari negara lain.

Keunggulan itu tersedianya deposit tambang sebagai bahan baku keramik yang cukup besar di berbagai daerah seperti ball cay, feldspar dan zircon maupun enegri gas sebagai bahan bakar produksi.

“Ini merupakan keuntungan dalam upaya meningkatkan daya saing produksi keramik nasional,” paparnya dalam pameran Keramika 2014 di JCC, Kamis (17/4/2014).

Dia menambahkan industri keramik dalam negeri telah berkembang dengan baik selama lebihd ari 30 tahun dan merupakan salah satu industri unggulan dengan dukungan ketersidaan bahan baku yang melimpah.

Hidayat mengatakn prospek industri keramik nasional dalam jangka panjang cukup baik seiring dengan pertumbuhan pasar dalam negeri yang terus meningkat, terutama untuk jenis tile/ubin karena didukung oleh pertumbuhan pembangunan baik properti maupun perumahan.

“Produksi keramik nasional setiap tahunnya terus meningkat dan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional,” paparnya.

Ketua Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Elisa Sinaga mengatakan dalam kondisi perekonomian global saat ini, produk keramik dari negara lain akan masuk ke Indonesia karena menjadi pasar potensial mengingat pasar keramik dunia semakin terbatas.

“Nilai penjualan keramik pada tahun ini kami targetkan bisa mencapai Rp34 triliun, kalau tahun lalu sekitar Rp30 triliun,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri keramik
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top