Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tenaga Kerja Sektor Konstruksi Setarakan Kompetensi

Para pelaku jasa konstruksi se-Asia Tenggara akan melakukan penyetaraan keahlian untuk mempersiapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 09 Maret 2014  |  17:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku jasa konstruksi se-Asia Tenggara akan melakukan penyetaraan keahlian untuk mempersiapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015.

Ketua Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) Sudarto mengatakan seluruh tenaga ahli yang terlibat dalam jasa konstruksi akan disamakan kompetensinya untuk memudahkan tenaga kerja bekerja di negara-negara Asean.

“Misalnya tukang besi, ya kompetensinya harus sama, sehingga pada 2015 kita tidak membawa tukang masing-masing ketika mendapatkan pekerjaan di negara lain,” katanya saat dihubungi Bisnis, Minggu (9/3/2014).

Dia menuturkan keputusan tersebut dihasilkan dari pertemuan Internasional Federation of Asian and Pacific Contractors Association (IFAWPCA) yang telah digelar di Jakarta pada pekan ini. Penyamaan komperensi akan dilakukan pada tingkat Asean terlebih dahulu, untuk kemudian pada region Asia-Pasifik.

Oleh karena itu, perusahaan kontraktor se-Asia Tenggara akan melakukan penyamaan kurikulum sebagai acuan sertifikasi yang akan dilakukan pada tenaga kerja konstruksi se-Asean pada 3 April mendatang di Vietnam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konstruksi asean mea 2015 asosiasi kontraktor indonesia
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top