Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Habiskan Rp54 Miliar Reklamasi Pantai Bulukumba

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghabiskan Rp54 miliar untuk mereklamasi pantai dan membangun pangkalan pendaratan ikan (PPI) Bontobahari di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang diklaim terbesar di seluruh Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghabiskan Rp54 miliar untuk mereklamasi pantai dan membangun pangkalan pendaratan ikan (PPI) Bontobahari di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang diklaim terbesar di seluruh Indonesia.

Selain membangun ulang PPI Bontobahari, dana itu juga dilengkapi dengan dermaga dengan jalan 337 meter dan pemecah ombak sepanjang kurang lebih 600 meter, sehingga memudahkan nelayan untuk melaut maupun mendarat di perairan di sekitar Bulukumba.

"Dengan selesainya proyek ini, kapal penangkap ikan akan bebas berlabuh di PPI tanpa tergantung dengan cuaca," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo, Senin (17/2/2014).

KKP merilis, uang pembangunan PPI bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) KKP senilai Rp60 miliar, sementara sisa alokasi digunakan untuk membantu pemerintah daerah membangun beberapa fasilitas darat di sekitar PPI Bontobahari serta digunakan untuk memberi Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan, bantuan Kartu Nelayan.

Bantuan KKP itu, tutur Sharif, dimanfaatkan juga untuk penyelenggaraan pengembangan sumberdaya manusia kelautan perikanan, serta pengadaan mesin pembuat es air laut, sarana pemasaran bergerak roda tiga, dan sarana sistem rantai dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper