Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi akan Membaik pada Triwulan I/2014

Hasil survei Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali membaik pada triwulan I/2014.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

 Bisnis.com, JAKARTA--Hasil survei Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali membaik pada  triwulan I/2014.

"Indikasinya  tercermin pada Saldo Bersih Tertimbang (SBT) komponen kegiatan usaha yang lebih tinggi yakni sebesar 18,04%, didukung perkiraan meningkatnya penggunaan tenaga kerja,"  tulis hasil survei yang dimuat pada laman Bank Indonesia, Rabu (5/2/2013).

Indikasi perbaikan ekonomi juga sejalan dengan hasil survei yang menunjukkan keyakinan sebagian besar responden terhadap situasi bisnis pada 6 bulan mendatang yang tetap baik.

Untuk tekanan harga jual pada triwulan I/2014,  diperkirakan meningkat  yang didorong oleh peningkatan harga bahan baku dan biaya operasional akibat dampak pelemahan nilai tukar.

Sebelumnya hasil survei kegiatan dunia usaha (SKDU) yang dilakukan BI mengindikasikan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV/2013.

Indikasinya  SBT komponen kegiatan usaha  menurun dari 13,35% pada triwulan III/2013 menjadi 12,61%.

Pertumbuhan ekonomi yang melambat tadi terjadi  di beberapa sektor ekonomi seperti sektor pertambangan dan penggalian, yang berdasarkan SBT tumbuh negatif 2,70% (qtq).

Sejalan dengan perlambatan kegiatan ekonomi, rata-rata kapasitas produksi terpakai juga tercatat menurun dari 73,18% di triwulan sebelumnya menjadi 73,10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper