Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foke Upayakan Percepat Realisasi Investasi Jerman

Duta Besar RI untuk Jerman yang baru terpilih Fauzi Bowo siap mendukung sejumlah rencana kerjasama investasi antara Jerman-Indonesia.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Duta Besar RI untuk Jerman yang baru terpilih Fauzi Bowo siap mendukung sejumlah rencana kerjasama investasi antara Jerman-Indonesia.

Menurut Fauzi, Indonesia dan Jerman memiliki kesamaan dalam hal posisi di kawasan. Dia mengatakan Jerman memiliki kedudukan utama di Uni Eropa. Adapun Indonesia, ujarnya, salah satu kekuatan terbesar di Asean.

Di samping investasi eksisting, lanjutnya, kedua Negara juga masih memiliki sejumlah rencana kerjasama investasi dengan nilai besar.

Antara lain rencana investasi pabrikan asal Jerman Volkswagen untuk membangun pabrik di Jawa Timur dan proyek pembangunan pabrik petrokimia Ferostaal untuk masuk ke Irian.

"Ini [investasi] perlu diberi perhatian dan diberi dukungan untuk realisasinya," katanya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (24/12/2013).

Fauzi mengingatkan bahwa Indonesia akan mengalami pergantian pucuk pimpinan pemerintahan pada 2014. Namun demikian, lanjutnya, Jerman masih dipimpin oleh Angela Merkel sehingga peluang untuk melanjutkan hubungan strategis antara kedua negara berpeluang relatif lebih mudah.

"Namun tantangan kedua negara tentu tidak sederhana. Kalau soal bilateral, salah satu tantangan yang besar adalah untuk mengisi deklarasi Jakarta yang ditandatangani kedua kepala pemeritahan, Presiden SBY dan [Kanselir Jerman] Angela Merkel," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper