Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa 7%, Ini Caranya

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai bisa mencapai 7% pada tahun-tahun mendatang asal faktor kunci untuk pencapaian tersebut terpenuhi

Bisnis.com, PALEMBANG- Pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai bisa mencapai 7% pada tahun-tahun mendatang asal faktor  kunci untuk pencapaian tersebut terpenuhi. 

Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence Sunarsip mengatakan faktor kunci itu meliputi pertumbuhan investasi, pertumbuhan produktivitas tenaga kerja, pertumbuhan sektor pertanian, pertambangan dan manufaktur, serta percepatan realisasi APBD. 

"Harus ada reformasi struktural menyangkut investasi karena selama 10 tahun terakhir investasi kita kurang signifikan,"katanya saat Temu Survei Koresponden Bank Indonesia Kanwil VII Palembang, Selasa (17/12/2013). 

Menurut Sunarsip, pertumbuhan investasi seharusnya minimal 12% per tahun. Sementara saat ini rata-rata hanya sebesar 7,4%. 

Dia menambahkan untuk produktivitas tenaga kerja, idealnya pertumbuhan harus mencapai 60% dari posisi saat ini yang rata-rata sebesar 2,9%. 

Sementara untuk sektor manufaktur, dibutuhkan pertumbuhan di atas 7%. Sejak krisis 1997/1998 laju pertumbuhan sektor manufaktur, pertanian dan pertambangan selalu berada di bawah laju pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Rata-rata pertumbuhan ketiga sektor itu masih di bawah 5%, sedangkan laju pertumbuhan ekonomi nasional 2001--2011 sebesar 5,33%,"paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper