Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Ketentuan dan Dasar Perhitungan Besaran UMP Seluruh Indonesia

Per 1 November, seluruh Gubernur harus sudah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014. Berlaku 1 Januari 2014, UMK Lebih Besar dari UMP, UMSP Tidak Boleh Lebih Rendah dari UMP, UMSK Tidak Boleh Lebih Rendah dari UMK
Nurbaiti
Nurbaiti - Bisnis.com 30 Oktober 2013  |  08:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Per 1 November, seluruh pemerintah provinsi harus sudah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014.

Ketentuan ini mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2013 tentang Kebijakan Penetapan Upah Minimum dalam Rangka Keberlangsungan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Pekerja.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menegaskan UMP 2014 akan ditetapkan dan diumumkan oleh masing-masing Gubernur di seluruh Indonesia secara serentak pada 1 November 2013.

Penegasan tersebut tertuang dalam Peraturan Menakertrans  Nomor 7 Tahun 2013, yang ditandatangani oleh Muhaimin Iskandar pada 2 Oktober 2013, dan telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin pada 18 Oktober 2013 lalu.

Dalam Permenakertrans itu ditegaskan penetapan UMP didasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam Pasal 3 Ayat (2,3) Permenakertrans itu disebutkan Upah Minimum sebagaimana dimaksud diarahkan pada pencapaian KHL, yang merupakan perbandingan besarnya Upah Minimum terhadap nilai KHL pada periode yang sama.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umk demo buruh permenakertrans ump 2014
Sumber : setkab.go.id
Editor : Nurbaiti

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top