Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Underpass Cibubur Sudah Bisa Digunakan

Underpass Cibubur siap digunakan mulai hari ini, Jumat (25/10/2013) menyusul telah diresmikannya proyek senilai Rp99,01 miliar tersebut oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirimanto, Jumat (25/10/2013).

Bisnis.com, JAKARTA - Underpass Cibubur siap digunakan setelah proyek senilai Rp99,01 miliar tersebut diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirimanto, Jumat (25/10/2013).

"Mudah-mudahanan dengan difungsikannya underpass ini kemacetan di kawasan Cibubur Junction bisa diurai," jelasnya, Jumat (25/10/2013).

Sebelumnya, pemerintah berencana meresmikan proyek senilai Rp99,01 miliar tersebut pada September 2013, dan kemudian diundur hingga Oktober 2013.

Dia menuturkan pembangunan Underpass Cibubur merupakan salah satu solusi untuk mengurai kemacetan dari Jakarta menuju Cikeas dan terkoneksi langsung dengan tol Jagorawi.

Dengan panjang 1.200 m, Underpass Cibubur terdiri dari 93 m box underpass serta jalan akses masuk dan keluar sepanjang 1.006,88 m. "Kendaraan yang boleh melewati underpass ini hanya golongan A yakni sedan dan jeep," ujarnya.

Proyek ini dikerjakan dalam tiga tahap. Pertama dengan anggaran Rp14,62 miliar pada 2011, tahap kedua dengan alokasi Rp47,99 miliar, dan tahap ketiga Rp36,5 miliar pada 2013.  Adapun kontraktor yang mengerjakan terowongan bawah tanah ini yakni PT Brantas Abipraya dengan metode jacking box.

Mengenai metode konstruksi yang baru pertama kalinya diimplementasikan tersebut, Djoko mengakui khawatir karena sempat mengalami masalah. "Waktu tersembul kemarin saya tidak bisa tidur. Saya berdoa supaya semua lancar jangan sampai jadi malapetaka," paparnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut di antaranya Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dan Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper