Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Plaza Indonesia Jababeka Mulai Dibangun Oktober 2014

PT Grahabuana Cikarang (Jababeka Residence), anak usaha PT Jababeka Tbk, berencana melakukan pemancangan tiang perdana (gorundbreaking) kawasan terpadu (mixed use development) Plaza Indonesia Jababeka pada Oktober 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Grahabuana Cikarang (Jababeka Residence), anak usaha PT Jababeka Tbk, berencana melakukan pemancangan tiang perdana (gorundbreaking) kawasan terpadu (mixed use development) Plaza Indonesia Jababeka pada Oktober 2014.

Presiden Komisaris PT Grahabuana Cikarang Tanto Kurniawan mengatakan proyek dengan nilai investasi mencapai Rp7 triliun tersebut akan terdiri mal, hotel bintang 5 dan 4, service apartement, kodominium dan juga convention center.

Menurutnya, saat ini proyek di atas lahan seluas 16 hektare tersebut tengah dalam proses desain kawasan komersil. Dia memprediksi keseluruhan proses desain tersebut akan dirampungkan pada Juli tahun depan sehingga proses pemasaran bisa segera dilakukan.

Groundbreaking pada Oktober 2014 dan pemasaran akan kita lakukan pada saat desain disepakati. Jadi, perkiraannya pertengahan 2014, Juli desainnya selesai,” katanya ketika dihubungi Bisnis, Selasa (15/10/2013).

Tanto menjelaskan pengembangan mega proyek tersebut akan menghabiskan waktu hingga 6 tahun. Untuk itu, jelasnya, proyek akan dikembangkan dalam tiga tahap, yakni tahap 1A, 1B dan tahap 2.

“Jadi pengembangannya hingga 2020. Enam tahun dengan 3 tahap,” ujarnya.

Tahap 1A, lanjutnya, akan dikembangkan shoping mall, hotel bintang 5, dan service apartement. Dia mengatakan pengembangan tahap pertama tersebut akan membutuhkan waktu sekitar dua tahun dengan nilai investasi sekitarr Rp2 triliun.

“Setelah itu, pada tahap 1B kami akan menambah malnya 1 kali lipat, hotel bintang 4 dan service apartement, serta ada kondominium,” jelasnya.

Sementara pada tahap 2, jelasnya, akan dibangun kondominium dan convention center. Kendati begitu, Tanto belum bisa menyebutkan berapa besaran investasi untuk kedua tahapan terakhir tersebut, sebab pengembangan kondominium akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

“Mal, service apartement, dan hotel semuanya sewa. Kecuali kondominium akan kita jual. Jadi Strata,” terangnya.

Tanto menambahkan unit kondominium akan menyasar golongan menengah atas dengan kisaran Rp900 juta-Rp1miliar.

Sebelumnya, PT Jababeka Tbk. dan PT Plaza Indonesia Realty Tbk. bersepakat mengembangkan kawasan terpadu di dalam kawasan Jababeka, Cikarang. Kedua perusahaan terbuka tersebut membentuk PT Jababeka Plaza Indonesia dan PT Plaza Indonesia Jababeka.

Skema kerja sama keduanya berupa penyertaan ekuitas dalam kepemilikan saham masing-masing Jababeka melalui Grahabuana Cikarang dengan porsi 70% dan PT Plaza Indonesia Realty Tbk 30% pada PT Jababeka Plaza Indonesia yang akan mengembangkan lahan seluas 12 hektare tanah untuk mix used.

Sementara, di PT Plaza Indonesia Jababeka, kepemilikan saham PT Plaza Indonesia Realty Tbk sebagai mayoritas 70% dan Jababeka 30% untuk pengembangan residensial. (C56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper