Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk UMKM Di Ritel Modern Makin Mudah Dijumpai

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat jumlah produk UMKM yang terserap di pasar ritel modern saat ini mencapai sekitar 40% dari total keseluruhan produk ritel yang ada di minimarket, supermarket, hypermarket, departement store

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat jumlah produk UMKM yang terserap di pasar ritel modern saat ini mencapai sekitar 40% dari total keseluruhan produk ritel yang ada di minimarket, supermarket, hypermarket, departement store dan specialty store.

Wakil Sekjen Aprindo Satria Hamid Ahmadi mengatakan angka itu terus tumbuh sekitar 3%-5% per tahun. Penyerapan terbesar terutama pada gerai ritel kategori hypermarket mengingat luasnya ruangan yang memungkinkan banyak produk UMKM yang terserap.

Dia mencontohkan pada salah satu peritel besar hypermarket tercatat produk UMKM yang terserap mencapai 70% dari keseluruhan pasokan yang ada. Meski terbilang besar, secara nominal kontribusi produk UMKM  masih belum signifikan.

“Memang belum besar kontribusi secara nominal, tetapi sudah menunjukan tren yang menguat,” katanya  kepada Bisnis, Selasa (1/10/2013).

Dia menilai perlu adanya pembenahan dan pola pendampingan yang intensif agar skala usaha UMKM dapat semakin meningkat sehingga produk yang dihasilkan dapat menggantikan produk-produk dari industri yang sejenis di kategorinya.

Satria mengatakan menggandeng mitra UMKM untuk memasok produk ke seluruh gerai ritel modern anggota Aprindo merupakan salah satu cara untuk meningkatkan akses pasar produk UMKM.

"Masing-masing peritel memiliki program untuk itu. Misalnya Carrefour yang membuat pojok rakyat dan bazar rakyat pada setiap gerai Carrefour di seluruh Indonesia dengan menyeleksi UMKM unggulan di setiap daerah tempat Carrefour berada".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper