Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produk UMKM Di Ritel Modern Makin Mudah Dijumpai

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat jumlah produk UMKM yang terserap di pasar ritel modern saat ini mencapai sekitar 40% dari total keseluruhan produk ritel yang ada di minimarket, supermarket, hypermarket, departement store
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 Oktober 2013  |  23:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat jumlah produk UMKM yang terserap di pasar ritel modern saat ini mencapai sekitar 40% dari total keseluruhan produk ritel yang ada di minimarket, supermarket, hypermarket, departement store dan specialty store.

Wakil Sekjen Aprindo Satria Hamid Ahmadi mengatakan angka itu terus tumbuh sekitar 3%-5% per tahun. Penyerapan terbesar terutama pada gerai ritel kategori hypermarket mengingat luasnya ruangan yang memungkinkan banyak produk UMKM yang terserap.

Dia mencontohkan pada salah satu peritel besar hypermarket tercatat produk UMKM yang terserap mencapai 70% dari keseluruhan pasokan yang ada. Meski terbilang besar, secara nominal kontribusi produk UMKM  masih belum signifikan.

“Memang belum besar kontribusi secara nominal, tetapi sudah menunjukan tren yang menguat,” katanya  kepada Bisnis, Selasa (1/10/2013).

Dia menilai perlu adanya pembenahan dan pola pendampingan yang intensif agar skala usaha UMKM dapat semakin meningkat sehingga produk yang dihasilkan dapat menggantikan produk-produk dari industri yang sejenis di kategorinya.

Satria mengatakan menggandeng mitra UMKM untuk memasok produk ke seluruh gerai ritel modern anggota Aprindo merupakan salah satu cara untuk meningkatkan akses pasar produk UMKM.

"Masing-masing peritel memiliki program untuk itu. Misalnya Carrefour yang membuat pojok rakyat dan bazar rakyat pada setiap gerai Carrefour di seluruh Indonesia dengan menyeleksi UMKM unggulan di setiap daerah tempat Carrefour berada".

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm carrefour hypermart
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top