Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keamanan Fasilitas ESDM Dijamin

Bisnis.com, JAKARTA-Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjamin keamanan fasilitas energi dan sumber daya mineral yang masuk dalam kategori objek vital nasional, seperti wilayah kerja pertambangan, serta lapangan minyak dan gas bumi.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 September 2013  |  15:27 WIB
Keamanan Fasilitas ESDM Dijamin

Bisnis.com, JAKARTA-Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjamin keamanan fasilitas energi dan sumber daya mineral yang masuk dalam kategori objek vital nasional, seperti wilayah kerja pertambangan, serta lapangan minyak dan gas bumi.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan banyak objek vital nasional di dalam lingkungan Kementerian ESDM yang harus dijaga. Pasalnya, fasilitas tersebut menyangkut kepentingan nasional dan kepentingan seluruh masyarakat.

“Saya akan memahami dan memperkuat komitmen saya dalam mengamankan objek vital. TNI akan berkomitmen mengamankan investor, karena di sektor ESDM banyak investasi dengan jumlah yang besar yang menyangkut kepentingan masyarakat. Makanya harus kita amankan,” katanya di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (10/9).

Moeldoko mengungkapkan siap menindak tegas seluruh pihak yang mengganggu kinerja sektor ESDM. TNI juga akan mengirimkan pasukan khususnya, jika ada gangguan di sektor itu, seperti dalam kasus pencurian minyak di jalur pipa Tempino-Plaju.

Untuk mengatasi pencurian minyak mentah di jalur pipa Tempino-Plaju, TNI mengerahkan pasukan Raider. Saat ini, pipa yang mengalirkan minyak ke Kilang Plaju itu telah kembali digunakan dengan tingkat kehilangan minyak yang normal.

“Setelah kami turunkan pasukan Raider, pencurian di jalur pipa itu selesai dalam satu minggu. Kalau ada pencurian lagi, kami akan tangkap lagi, kami juga akan hancurkan infrastrukturnya,” ungkapnya.

Menurutnya, TNI juga telah menangkap mantan tentara desersi yang selama ini menjadi pelindung pelaku penjarahan minyak itu. Selain itu, TNI juga telah memecat prajurit berpangkat sersan di Kodam Sriwijaya yang terbukti terlibat pencurian BBM.

Sementara itu, Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan jaminan keamanan yang diberikan TNI akan menambah kenyamanan investor bekerja di dalam negeri. Dengan begitu, pelaku industri migas dapat menambah ketahanan energi dalam negeri.

“Kerja sama dengan TNI ini dapat mengatasi gangguan di daerah, sehingga kami bisa bekerja lebih nyaman. Dengan memajukan ini, maka ketahanan energi akan aman hingga anak cucu kita,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni kementerian esdm obyek vital nasional
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top