Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamus Ekonomi: Apa Itu PMTB?

Bisnis.com, JAKARTA— Jika membicarakan kondisi perekonomian saat ini, tentu kita sering mendengar kata Produk Domestik Bruto (PDB).
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 20 Agustus 2013  |  15:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Jika membicarakan kondisi perekonomian saat ini, tentu kita sering mendengar kata Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun ada pula istilah PMTB yakni Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Apakah artinya?

Berdasarkan sistem informasi rujukan statistik di Badan Pusat Statistik (BPS) dijelaskan PMTB merupakan pengeluaran untuk barang modal yang mempunyai umur pemakaian lebih dari satu tahun dan tidak merupakan barang konsumsi.

PMTB mencakup bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, bangunan lain seperti jalan dan bandara, serta mesin dan peralatan.

Pengeluaran barang modal untuk keperluan militer tidak dicakup dalam rincian ini tetapi digolongkan sebagai konsumsi pemerintah.

Dalam dokumen Kementerian Keuangan RI, Direktorat Jenderal Anggaran, Direktotrat Penyusunan APBN juga diketahui bahwa PMTB juga merupakan salah satu unsur yang dipakai dalam metode penghitungan PDB.

Adapun dalam dokumen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Barat disebutkan PMTB meliputi seluruh pengeluaran untuk  unit produksi yang menambah daya produksi aktiva tetap dikurangi dengan penjualan dari barang-barang modal bekas ditambah penjualan barang-barang lain yang berasal dari daerah atau negara lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pmtb pembentukan modal tetap bruto
Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top