Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkutan Lebaran: Ini 158 Penerbangan Tambahan di Bandara Adisutjipto

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta menyatakan telah menyetujui 158 penerbangan tambahan (extra flight) yang diajukan oleh lima maskapai penerbangan untuk menghadapi lonjakan penumpang pada masa angkutan Lebaran

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta menyatakan telah menyetujui 158 penerbangan tambahan (extra flight) yang diajukan oleh lima maskapai penerbangan untuk menghadapi lonjakan penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Adriyanto mengemukakan kelima maskapai yang mengajukan extra flight dan telah mendapat izin yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Merpati, dan Express Air. 

"Extra flight yang disetujui telah beroperasi sejak 28 Juli hingga 19 Agustus 2013. Adapun, dalam sehari, Bandara Adi Sutjipto bisa menerima 5-6 pesawat extra flight," jelasnya, seperti dikutip dari website Kementerian Perhubungan, sabtu (3/8/2013).

Dia menambahkan puncak arus mudik dengan angkutan udara di Bandara Adisutjipto Yogyakarta diperkirakan terjadi pada Sabtu (3/8) dan Minggu (4/8) atau H-4 dan H-3 lebaran dengan jumlah penumpang per hari sebanyak 10 ribu atau naik sekitar 12-13% dibandingkan dengan masa angkutan lebaran tahun lalu. 

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (11/8) atau H+2 dengan jumlah penumpang sebanyak 10 ribu penumpang. Saat puncak arus mudik dan balik lebaran sebanyak 62 pesawat reguler tiba dan 62 pesawat reguler berangkat dari Bandara Adisutjipto.

Agus mengakui lonjakan arus mudik dan balik ini rentan mengakibatkan delay penerbangan sekitar 20 menit hingga 1 jam. Dia mengatakan saat arus mudik dan balik waktu take off dan landing setiap penerbangan maksimal setiap 5 menit pada peak hours pukul 05.30-09.00 dan 11.30-15.00.

Untuk penerbangan latihan taruna TNI AU Bandara Adisutjipto tidak mempengaruhi operasional penerbangan karena mulai Jumat (2/8) penerbangan latihan sudah tidak beroperasi dan baru dimulai kembali Senin (12/3).

Berbagai upaya menghadapi lonjakan penumpang telah dilakukan oleh PT. Angkasa Pura I Cabang Yogyakarta.

"Saat ini ruang tunggu terminal telah ditambahkan kursi-kursi. Selain itu air side Bandara dipasang tenda untuk menampung penumpang internasional. Untuk parkir kendaraan pengantar dan penjemput, lapangan bola difungsikan sebagai lahan parkir tambahan," papar Agus.

Menurutnya, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak TNI AU untuk menggunakan satu gerbang di Akademi Angkatan Udara sebagai pintu tambahan. Arus kendaraan yang melintas dalam Bandara juga akan diatur untuk menjaga ketertiban. Posko angkutan lebaran juga disediakan sejak H-7 hingga H+7.

Adapun, kapasitas terminal reguler Bandara Adisutjipto hanya bisa menampung 1.500 penumpang secara bersamaan namun saat ini menampung 9.500 penumpang.

*Daftar Extra Flight Bandara Adisutjipto

1. Garuda Indonesia ( 4-15 Agustus ) sebanyak 9 pesawat rute Jkt-Jog-Jkt
2. Citilink ( 1-19 Agustus ) sebanyak 60 pesawat ruteJkt-Jog-Jkt dan Bpn-Jog-Bpn
3. Lion ( 28 Juli - 19 Agustus ) sebanyak 73 pesawat ruteJkt-Jog-Jkt; jog-Bdj-Jog; Jog-Bpn-Jog
4. Merpati ( 10 Agustus) sebanyak 1 pesawat rute Bdo-Jog-Bdo
5. Express Air ( 1-15 Agustus ) sebanyak 15 pesawat rute Pnk-Jog-Pnk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper