Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Antrean Kapal, Pelindo II Kebut Perbaikan Dermaga Pelabuhan Panjang

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II menilai antrean kapal di Pelabuhan Panjang Lampung hanya bersifat sementara, menyusul perbaikan dermaga untuk meningkatkan kapasitas bongkar muat barang di pelabuhan itu.General Manager PT Pelabuhan Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II menilai antrean kapal di Pelabuhan Panjang Lampung hanya bersifat sementara, menyusul perbaikan dermaga untuk meningkatkan kapasitas bongkar muat barang di pelabuhan itu.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Panjang Do­so Agung mengatakan pihak­nya saat ini masih bekerja menyelesaikan perbaikan dermaga sepanjang 286 m.

Menurutnya, antrean kapal yang sempat mengular beberapa waktu lalu kini sudah mulai berkurang jumlahnya seiring dengan penyelesaian penambahan panjang dermaga di pela­buhan itu.

“Sekarang [antrean ka­­pal] sudah lebih baik, bahkan hingga hari ini kapal yang mengantre tinggal belasan unit. Intinya ini lebih bersifat situasional,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (22/7/2013).

Secara keseluruhan, panjang dermaga yang diperbaiki dan ditam­bah mencapai 286 m, di mana penambahan kapasitas dermaga D sepanjang 86 m dan perbaikan dermaga B sepanjang 200 m.

Adapun, pengerjaan dermaga D dijadwalkan rampung awal bulan depan sehingga total kapasitas dermaga akan menjadi 486 m setelah penambahan.

Khusus perbaikan dermaga B sepanjang 200 m baru akan selesai pada akhir tahun ini dan secara maksimal akan digunakan untuk aktivitas bongkar mu­at. “[Perbaikan dermaga] yang membuat antrean kapal sempat mengalami peningkatan beberapa pekan terkahir, tapi sekarang sudah menurun,” tegasnya.

Dia memaparkan peningkatan angka kunjung­an kapal sebulan terakhir membuat tingkat antrean kapal di Pelabuhan Panjang sempat mengular hingga mencapai 30 unit.

Pelindo II juga berencana menempatkan dua unit alat bongkar muat jenis luffing crane untuk lebih memaksimalkan pelayanan serta mempercepat durasi bongkar muat kargo di Pelabuhan Panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper