Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Penumpang Mudik Lebaran di Tanjung Emas Diprediksi Naik 15%

Bisnis.com, JAKARTA—Jumlah penumpang selama pelaksanaan Angkutan Lebaran 2013 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, diprediksi meningkat 15% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 21 Juli 2013  |  11:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Jumlah penumpang selama pelaksanaan Angkutan Lebaran 2013 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, diprediksi meningkat 15% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi mengatakan kondisi itu telah mempertimbangkan adanya pertumbuhan jumlah penumpang embarkasi (naik) maupun yang debarkasi (turun) selama kurun waktu terakhir.

“Penumpang yang sebelumnya berjumlah 85.130 orang pada tahun lalu, diprediksi akan meningkat 97.900 orang selama 32 hari kegiatan arus mudik dan balik,” ujarnya dalam keterangan pers yang diunggah di situs Kementerian BUMN, Minggu (21/7/2013).

Menanggap hal tersebut, Pelindo III Cabang Tanjung Emas menyatakan akan mempercepat proses renovasi terminal penumpang.

“Targetnya memang sebelum peak season atau Hari Raya Idulfitri. Renovasi diharapkan sudah selesai, setidaknya untuk pekerjaan-pekerjaan besar sehingga langsung bisa digunakan oleh penumpang untuk berteduh saat panas maupun hujan,” tuturnya.

Tri menambahkan progress fisik pembangunan terminal penumpang itu telah mencapai 75% per akhir bulan Juni. Sementara itu, sisanya akan dikebut saat bulan puasa berlangsung seperti sekarang ini.

Data statisik penumpang realisasi tahun lalu menunjukkan terdapat rata-rata sekitar 3.000-an orang per hari yang melakukan aktivitas debarkasi dan embarkasi di terminal penumpang dan sekitarnya.

“Setelah renovasi, terminal penumpang yang sebelumnya hanya mampu menampung 2.500 orang bisa mencapai 3.500—4.000-an penumpang,” tegasnya.

Oleh karena itu, petugas keamanan gabungan dari instansi Pelindo III, KSOP, dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan akan turut membantu dalam mengatur arus penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii pelabuhan tanjung emas arus mudik
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top