Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rabu (17/7), Daging Sapi yang Diimpor Bulog Tiba

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Suswono menyatakan daging sapi yang diimpor oleh Perum Bulog akan tiba di Indonesia lewat dua jalur antara lain pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Rabu (17/7/2013)."Rabu akan datang

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Suswono menyatakan daging sapi yang diimpor oleh Perum Bulog akan tiba di Indonesia lewat dua jalur antara lain pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Rabu (17/7/2013).

"Rabu akan datang daging Bulog sebanyak 800 ton lewat Soetta, ada 2.200 ton lewat Tanjung Periuk, pasokan ini penugasan kepada Bulog," kata Suswono di Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (15/7/2013).

Suswono meyakini daging pesanan Bulog yang akan datang dapat menurunkan harga daging sapi, apalagi komoditas itu akan dipergunakan untuk operasi pasar.

Untuk pihak feedlotter atau tempat penggemukan sapi, Suswono mengimbau agar tidak menahan sapi yang akan dipotong karena hal itu akan menahan laju pasokan daging sapi di pasar yang ujungnya harga tetap bertahan di level Rp90.000 ke atas.

"Nampaknya feedlotter justru masih menahan, dampaknya harga tinggi dan berdampak dikonsumen. Stok 109.000 ton di feedlotter untuk memenuhi DKI," katanya.

Terkait mahalnya harga daging sapi, Mentan mengakui hal itu sudah tidak wajar.

"Kenaikan harga tidak pada tempatnya, walaupun Bahan Bakar Minyak (BBM) sering jadi alasan. Kalau kenaikan batasnya wajar, kalau tidak wajar, etika bisnis ditegakkan," ujar Suswono yang dikutip dari Antara.

Sementara itu, mengenai harga ayam dan telur, Mentan menyatakan pada pekan pertama puasa sudah mengalami penurunan dari produsen.

Dia mengatakan, harga ayam dan telur yang turun merupakan komitmen produsen dengan pihaknya.

Menurut Suswono, alasan kenaikan harga daging ayam sebelum puasa, karena hal itu untuk menutup kerugian peternak ayam dan petelur.

Namun, hal tersebut saat ini tidak boleh lagi terjadi, tambahnya, karena kerugian peternak sebenarnya hanya pada tingkat keuntungannya saja yang tipis.

Sebelumnya harga ayam dijual dari peternak Rp21.000 ke pedagang dan di tingkat konsumen Rp33.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper