Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENYAKIT TIDAK MENULAR: Penyebab Utama Kematian Ini Meningkat di Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA-Selain pola pelayanan kesehatan, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, calon dokter, fakultas-fakultas kedokteran, maupun masyarakat, yakni meningkatnya status penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian

BISNIS.COM, JAKARTA-Selain pola pelayanan kesehatan, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, calon dokter, fakultas-fakultas kedokteran, maupun masyarakat, yakni meningkatnya status penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian utama di Indonesia.

Hasbullah Thabrany, Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan penyakit tidak menu lar itu antara lain yang menyerang jantung [Cardivas cular/CDV], kanker, dan penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

“Selama ini program kesehatan pemerintah masih terfokus pada penanganan terhadap penyakit menular seperti AIDS dan TBC [Tuberculosis], mulai sekarang fokus terhadap penyakit gaya hidup tadi harus ditambah,” terangnya.

Berdasarkan dokumen dari WHO (World Health Organiza tion/Organisasi Kesehatan Dunia), pada 2002, dari 1,6 juta kematian di Indonesia, 28% disebabkan oleh CDV, 12% oleh kanker, dan 7% akibat dari penyakit pernapasan.

Penyakit-penyakit akibat gaya hidup itu diperkirakan terus mening kat, karena pada 2015,  WHO memprediksi 87% pria dan 62% wanita di Indonesia mengidap obesitas atau kelebihan berat badan.

“Dengan demikian, sudah sepatutnya para calon dokter mulai sekarang diarahkan untuk menangani penyakit tidak menular tanpa mengurangi perhatian terhadap penyakit menular,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper