Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LOGAM DASAR: 9 Investor Masuk, Akan Tanam US$13,3 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemerintah mengaku telah berhasil menarik sembilan investor untuk industri logam dasar dengan nilai investasi mencapai US$13,3 miliar."Dengan adanya upaya pemerintah untuk memberikan insentif, setidaknya telah berhasil menarik sembilan
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 11 Juni 2013  |  14:48 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemerintah mengaku telah berhasil menarik sembilan investor untuk industri logam dasar dengan nilai investasi mencapai US$13,3 miliar.

"Dengan adanya upaya pemerintah untuk memberikan insentif, setidaknya telah berhasil menarik sembilan investor industri logam dasar," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat, saat memberikan sambutan pada "First Heating Coke Oven Plant PT Krakatau-Posco" di Cilegon, Banten, Selasa (11/6)

Dia menjelaskan  dengan adanya investasi baru tersebut, khususnya untuk produk baja, diharapkan mampu mensubstitusi kebutuhan pasar domestik.

"Kebutuhan pasar domestik yang bisa disubtitusi diharapkan sebesar 6,8 juta ton per tahun, sementara untuk impor, hingga saat ini mencapai 9  juta ton per tahun," tuturnya.

Agar pengembangan industri nasional terarah, efektif dan efisien, jelas Hidayat, pihaknya telah menyusun Roadmap pengembangan industri logam nasional yang terdiri dari Roadmap Industri Baja, Aluminium, Nikel, dan Tembaga dengan memanfaatkan potensi logam dalam negeri.

Beberapa upaya pemerintah untuk menarik investasi antara lain adanya insentif fiskal berupa tax holiday yang tertuang dalam PMK 130 Tahun 2011, fasilitas tax allowance (PP No 52 Tahun 2011), serta pembebasan bea masuk atas impor mesin serta barang dan bahan untuk pembangunan atau pengembangan industri dalam rangka penanaman modal (PMK 176 Tahun 2009).

"Di samping itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan perlindungan berupa SNI Wajib, safeguard, anti dumping, dan mekanisme pengendalian impor," kata Hidayat. (Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri kemenperin logam dasar investor baru

Sumber : Newswire

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top