Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WADUK JATIGEDE: Proses Pengairan Butuh 1 Musim Hujan

BISNIS.COM,JAKARTA—Masa pengisian waduk Jatigede, Jawa Barat, membutuhkan satu musim hujan yang akan dialiri dari Sungai Cimanuk dan anak sungai di sekitarnya.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 07 Juni 2013  |  14:36 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA—Masa pengisian waduk Jatigede, Jawa Barat, membutuhkan satu musim hujan yang akan dialiri dari Sungai Cimanuk dan anak sungai di sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Dia menyampaikan pengairan waduk kedua terbesar setalah waduk Jatiluhur tersebut akan dimulai pada 1 Oktober 2013.

“Butuh satu musim [penghujan dan di-support dari Sungai Cimanuk dan anak sungai di sekitarnya,”  katanya, Jumat (7/6/2013).

Dia menyampaikan relokasi penduduk akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah akan memberikan rumah kepada 4.590 kepala keluarga masing-masing senilai Rp50 juta dalam rangka perelokasian proyek yang dapat menjamin saluran irigasi seluas 90.000 ha untuk Cirebon dan Indramayu.

Pada awal pekan lalu, pemerintah sepakat akan menerbitkan perpres dan menyediakan dana Rp1 triliun untuk mendukung proses pembebasan lahan tersebut.

Selain menggunakan APBN, pembangunan untuk membangun waduk itu juga mendapat dukungan dari pinjaman Bank Exim China sebesar 90%. Kehadiran waduk ini akan akan berdampak positif bagi aspek ekonomi khususnya pertanian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waduk jatigede menteri pu djoko kirmanto waduk jatiluhur
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top