Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR BEBAS ASEAN: Produk Teh Nasional Paling Siap Bersaing

BISNIS.COM, BANDUNG--Produk teh Indonesia paling  siap bersaing di  pasar bebas Asean 2015 dibanding sektor lainnya."Dibukanya kran pasar bebas ASEAN memang ada pengaruhnya, namun teh Indonesia lebih siap karena saat ini masih terdepan di ASEAN,"

BISNIS.COM, BANDUNG--Produk teh Indonesia paling  siap bersaing di  pasar bebas Asean 2015 dibanding sektor lainnya.

"Dibukanya kran pasar bebas ASEAN memang ada pengaruhnya, namun teh Indonesia lebih siap karena saat ini masih terdepan di ASEAN," kata Penasihat Asosiasi Teh Indonesia Hisyaf Malik di Bandung, Rabu (15/5).

Dia  menyebutkan  produsen teh di Indonesia memiliki pengalaman lebih dibandingkan negara-negara lainnya di Asean bahkan menjadi pemimpin di kawasan itu.

"Di Asean produk teh Indonesia tertinggi, negara lainnya yang memiliki perkebunan teh adalah Vietnam. Namun secara keseluruhan dari sisi produksi dan kualitas kita lebih siap,"  tegasnya.

Malik  menyebutkan standarisasi dan peningkatan kualitas produk teh telah dilakukan sejak lama, serta terus didorong untuk berproduksi dengan kaidah-kaidah yang mendorong daya saing dan kualitas.

Dari sisi kualitas, lanjutnya, tidak ada masalah dan telah mendapat pengakuan daerah. Teh Indonesia sudah mampu bersaing di kancah internasional dengan ekspor ke sejumlah negara di dunia seperti ke Amerika Serikat, Eropa dan juga Timur Tengah.

"Inovasi terus dilakukan dalam pengolahan produk sehingga bernilai tambah dan berdaya saing, sertifikasi teh terus dipertahankan agar produk tetap terdepan di pasaran," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper