BONGKAR RATOON: Kementan Akan Memulainyai Mei

BISNIS.COM, JAKARTA--Kemeterian Pertanian menargetkan pelaksanaan bongkar ratoon bisa dimulai Mei mendatang.Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir mengatakan saat ini bongkar ratoon masih dalam proses tender."Musim tanam pertama kan balu
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 16 April 2013  |  16:14 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Kemeterian Pertanian menargetkan pelaksanaan bongkar ratoon bisa dimulai Mei mendatang.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir mengatakan saat ini bongkar ratoon masih dalam proses tender.

"Musim tanam pertama kan balu dimulai Mei. Sekarang proses bongkar ratoon sedang dalam proses tender," jelasnya, Selasa (16/4).

Bongkar ratoon tahun ini ditargetkan bisa terlaksana di lahan seluas 50.000 hektare. Proses ini dilakukan dengan membongkar tunggul bekas keprasan dan menggantinya dengan bibit baru.

Gamal menambahkan bongkar ratoon tahun ini akan dilaksanakan dua kali. Termin pertama dilakukan saat musim tanam Mei-Agustus, sedangkan termin kedua dijadwalkan berlangsung September--November.

Bongkar ratoon merupakan salah satu langkah yang diambil Kementan untuk menggenjot produksi gula nasional. Gamal menyebut Kementan juga akan menggunakan bibit varietas unggul baru dalam proses bongkar ratoon, sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi gula nasional hingga 20%.

"Saat ini rendemen tanaman tebu sekitar 6%--7%, dengan bongkar ratoon diharapkan bisa meningkatkan rendemen hingga 7,5%--8%," imbuhnya.

Untuk  merealisasikan bongkar ratoon, tahun ini Kementan mengalokasikan dana senilai Rp741,6 miliar. (if)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kementan, bongkar ratoon

Sumber : Muhammad Kholikul Alim

Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top