Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga: Kementerian ESDM dan BKPM Kini di Bawah Koordinasi Kemenko Perekonomian

Kementerian ESDM dan Kementerian Investasi/BKPM akan berada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian dalam Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (1/10/2024). / Bisnis-Annasa Rizki Kamalina
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (1/10/2024). / Bisnis-Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA — Airlangga Hartarto mengaku usai dirinya dilantik kembali sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian periode 2024—2029, tugasnya semakin berat. Pasalnya, terdapat penambahan kementerian yang berada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian.

Dalam kehadiran perdananya sebagai menteri era Prabowo di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (21/10/2024), menjelaskan bahwa terdapat tambahan kementerian teknis yang berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian.

"Alhamdulillah dapat amanat yang berat jadi kita perlu bekerja lebih keras. Apalagi ada perubahan konsentrasi dari kantor kemenko, saat ini energi [Kementerian ESDM] dan investasi [Kementerian Investasi/BKPM] juga masuk di bawah kemenko dan juga pariwisata," ujar Airlangga. 

Pada periode sebelumnya, Airlangga melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian teknis, yakni Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Ketenagarkerjaan (Kemenaker), Kementerian Perindustrian (Kemeperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Bukan hanya itu, juga koordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan (ATR BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Sementara untuk mitra dari Kemenko Perekonomian pada periode baru ini, belum diketahui daftarnya. Pasalnya, Prabowo telah membentuk Kementeriaan Koordinator bidang Pangan yang diketuai mantan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan tugas barunya sebagai menko dari masuknya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Investasi, dan Kementerian Pariwisata.

Ketiga kementerian tersebut merupakan limpahan atas ditiadakannya Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi, yang sebelumnya dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sehingga pesannya jelas, harus mengumupulkan devisa, meingkatkan investasi, harus membuka lebih banyak lapangan kerja," tuturnya.

Sebelumnya, Airlangga bersama 53 menteri dan pejabat setingkat menteri dilantik oleh Prabowo Subianto di Istana Negara pagi tadi. 

"Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Prabowo kepada menteri dan pejabat setara menteri.  

"Bersedia." ujar mereka.

Prabowo kini memiliki 7 menteri koordinator (menko), yaitu Koordinator Politik dan Keamanan, Menko Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan, Menko Perekonomian, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Menko Pangan.

Sebagai perbandingan, kabinet Jokowi selama 10 tahun menjadi Presiden RI hanya memiliki 4 menko.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper