Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif LRT Jabodebek Cuma Rp1 saat Pelantikan Prabowo-Gibran Hari Ini, Cek Syaratnya

PT KAI menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran hari ini.
PT KAI menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
PT KAI menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/3024) ini.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menyampaikan tarif spesial tersebut diberikan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Pihaknya juga berupaya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut.

Adapun untuk menggunakan layanan ini, terdapat ketentuan saldo minimum bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan Kartu Uang Elektronik (KUE) sebesar Rp1.000 dan saldo minimum LinkAja sebesar Rp20.000.

"Perlu diperhatikan, setiap kartu KMT dan KUE hanya dapat digunakan oleh satu pengguna,” ujar Mahendro melalui keterangan resmi.

Untuk menghadapi potensi lonjakan pengguna, KAI juga akan menambah jumlah perjalanan LRT Jabodebek dari 260 menjadi 364 perjalanan pada 20 Oktober. Menurut Mahendro, langkah ini diambil guna menjaga kenyamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan KUE atau KMT demi mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu tunggu di pintu masuk stasiun.

Hahendro menekankan bahwa metode pembayaran ini membantu mengurangi kepadatan dan memberikan efisiensi. Apalagi, volume pengguna LRT diprediksi meningkat signifikan hari ini.

Tak hanya itu, dia mengingatkan masyarakat untuk menjaga barang-barang pribadi, terutama di area yang ramai, serta selalu memperhatikan anak-anak. Mahendro mengimbau pengguna mengutamakan pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan pengguna yang membawa balita.

Lebih lanjut, KAI juga mendorong pengguna untuk membawa tumbler atau botol minum pribadi. Sebagai bentuk layanan tambahan, seluruh stasiun LRT Jabodebek telah menyediakan water station gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Mahendro menyebut inisiatif itu bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Kami berharap kebijakan tarif spesial ini serta berbagai imbauan lain dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengikuti Pesta Rakyat, sekaligus mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke transportasi publik yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” tutup Mahendro.

Prabowo-Gibran bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Gedung MPR-RI, Senayan, Jakarta, hari ini.

Prabowo-Gibran telah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Mereka meraih kemenangan lantaran berhasil meraih 96.214.691 suara sah atau sekitar 58,6% dari total 164 juta suara sah, sehingga unggul dari pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper