Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lautan Luas (LTLS) Segera Lunasi Obligasi Rp315 Miliar

PT Lautan Luas Tbk (LTLS) akan segera melunasi surat utang atau obligasi yang akan segera jatuh tempo
LTLS Segera Lunasi Obligasi Rp 315 Miliar / Istimewa
LTLS Segera Lunasi Obligasi Rp 315 Miliar / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lautan Luas Tbk (LTLS) akan segera melunasi surat utang atau obligasi yang akan segera jatuh tempo. Adapun PEFINDO memberikan peringkat idA untuk Obligasi Berkelanjutan III Tahap II Tahun 2021 Seri A senilai Rp315 miliar yang akan jatuh tempo pada 12 November 2024.

Eurike Hadijaya, Investor Relations Lautan Luas mengatakan LTLS berencana melunasi surat utang yang akan jatuh tempo tersebut menggunakan kombinasi dana internal dan dana eksternal.

Hingga akhir Juni 2024, LTLS memiliki posisi kas sebesar Rp 277,6 miliar dan total aset  mencapai Rp 5,81 triliun. Selain itu Lautan Luas mempunyai posisi rasio keuangan yang cukup kuat dengan rasio net debt to equity 0,24 dan Net debt to ebitda 1,07.

“Pelunasan obligasi tidak memiliki dampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan dan selanjutnya akan memberikan dampak positif pada kondisi keuangan perusahaan di masa mendatang,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (15/10/2024).

Selama semester I-2024 LTLS meraih pendapatan sebesar Rp3,706 triliun. Angka tersebut naik 5,8% dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp3,50 triliun.

"Hampir 90% dari total pendapatan kami merupakan penjualan di Indonesia, terutama kepada pelanggan B2B di industri Makanan dan minuman, Pakan Hewan, dan Perawatan Pribadi & Rumah," kata Eurike.

Perusahaan yang baru saja merayakan ulang tahun ke-73 ini juga akan tetap berfokus untuk memperkuat bisnis utamanya untuk sektor makanan-minuman dan personal home care. Selain itu, LTLS juga turut memperkuat bisnis pengolahan air bersih, berhubung perusahaan tersebut memproduksi sejumlah bahan kimia untuk keperluan pengolahan air minum dan air limbah.

Prinsip berkelanjutan beriringan dengan kinerja perusahaan yang juga berlanjut positif. Selama semester I-2024, laba bersih LTLS melesat 166% menjadi Rp 136,56 miliar. Laba bersih LTLS di semester I 2023 sebesar Rp 51,3 miliar.

Ke depan, setiap langkah pengembangan bisnis dan program yang dilakukan oleh PT Lautan Luas Tbk akan senantiasa mengacu pada strategi keberlanjutan.

PT Lautan Luas Tbk berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam seluruh operasi perusahaan, dari inovasi produk hingga proses operasional, guna memastikan bahwa pertumbuhan yang dicapai tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan dan pemangku kepentingan, tetapi juga berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat luas.

Dengan pendekatan ini, kami yakin bahwa Lautan Luas dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper