Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Banggar DPR Beri Bocoran Sosok Menkeu Era Prabowo: Perempuan!

Ketua Banggar DPR Said Abdullah memberi bocoran bahwa sosok menteri keuangan (Menkeu) di kabinet Prabowo Subianto. Siapa dia?
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah dari Fraksi PDIP./Dok. DPR

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah memberi bocoran bahwa sosok menteri keuangan (Menkeu) pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto nantinya merupakan seorang perempuan.

Said sendiri mengaku dirinya kurang layak menjadi Menkeu baru untuk lima tahun ke depan. Dia malah memberikan ciri sosok yang diyakini akan menjadi bendahara negara yang baru.

"Perempuan," kata Said singkat ketika ditemui awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

Lebih lanjut, elite PDI Perjuangan (PDIP) ini turut mengomentari soal isu pemisahan Bea Cukai dari Kementerian Keuangan pada pemerintahan Prabowo. Menurutnya, pemisahan tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. 

"Insya Allah enggak [dipisah Ditjen Pajak dan Bea cukai dari Kemenkeu]," katanya.

Sebelumnya, sudah sempat beredar rumor sejumlah nama calon-calon Menkeu Era Prabowo. Melansir dari Bloomberg pada Rabu (28/2/2024), Prabowo disebut incar para mantan bankir untuk menjadi menteri keuangannya.

Disebutkan, Prabowo mencari para teknokrat yang dapat mengamankan pendanaan untuk janji-janji kampanyenya sembari menjunjung tinggi kehati-hatian fiskal. Prabowo diyakini tidak akan melibatkan politik untuk posisi menteri keuangan.

Nama-nama yang muncul di antara para bankir, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Royke Tumilaar. 

Berdasarkan informasi dari narasumber yang enggan disebutkan namanya, empat nama tersebut dipandang paling cocok untuk peran tersebut karena keahlian keuangan mereka serta kepemimpinan yang efektif. 

Meski demikian, tidak ada sosok perempuan dari empat nama calon Menkeu berdasarkan sumber Bloomberg tersebut. Kendati demikian, sumber juga mengatakan, masih ada  kemungkinan adanya  nama dari brusa calon menkeu tersebut karena masih pembicaraan tahap awal dan masih akan diperdalam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper