Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Ngantor di IKN, Gelar Sidang Kabinet Jumat Pekan Ini

Jokowi bakal kembali berkantor di IKN Nusantara mulai 10 September 2024 hingga menjelang berakhirnya masa pemerintahannya pada 19 Oktober 2024.
Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Rapat Sidang Kabinet Perdana di IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres.
Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Rapat Sidang Kabinet Perdana di IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai 10 September 2024 hingga menjelang berakhirnya masa pemerintahannya pada 19 Oktober 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membenarkan bahwa Presiden Jokowi bakal kembali berkantor di IKN.

Dia mengatakan bahwa rencananya Presiden Jokowi akan menggelar lagi rapat kabinet paripurna di IKN pada Jumat, 13 September 2024.

"Undangannya untuk sidang kabinet paripurna [di IKN] hari jumat," kata Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Untuk diketahui, Jokowi sebelumnya perdana menggelar sidang kabinet paripurna di IKN pada 12 Agustus 2024 lalu. Sidang kabinet yang pertama kali diadakan di IKN tersebut membahas evaluasi pemerintahan pada tahun ini serta perencanaan tahun depan termasuk transisi pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Di sisi lain, Basuki memastikan bahwa infrastruktur di IKN kali ini lebih siap jika dibandingkan saat Presiden Jokowi berkantor pada Agustus 2024 lalu.

"Saya kira kalau 17 Agustus kemarin kita sudah bisa, sekarang ini sudah lebih bisa. Bandara [Nusantara] bahkan besok Selasa atau Rabu saya sudah ke sana, mudah-mudahan sudah bisa didarati," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa progres pengerjaan landasan pacu Bandara Nusantara di IKN saat ini melebihi 2.100 meter, dari yang dibutuhkan 2.200 meter.

"Mudah-mudahan sore/malam ini sudah 2.200 meter. Markanya sudah dibikin, taxiway, apronnya sudah selesai," ujarnya.

Sementara itu, untuk gedung sejumlah kementerian, Basuki mengungkapkan bahwa proses pengerjaannya masih terus berjalan. Namun, sejumlah gedung sudah bisa dipakai untuk kegiatan pemerintahan.

Bahkan, dia menyebut Menko PMK sudah menggelar rapat koordinasi di gedung Kemenko I pada 2 minggu yang lalu. Menurutnya, meski gedung Kemenko belum 100% selesai, tapi sejumlah lantai sudah dapat digunakan.

Selain itu, Basuki mengatakan apartemen ASN di IKN juga sudah sudah ada sebagian yang diselesaikan pembangunannya. Dia menyebut, sebanyak 14 tower apartemen ASN sudah selesai dan siap digunakan.

"Untuk air minum juga sudah siap, dengan minimal kebutuhan untuk administrasi pemerintahan sudah siap," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan menghabiskan sisa masa jabatannya di proyek kebanggaannya dengan berkantor di IKN mulai dari 10 September hingga 19 Oktober.

"Rencana beliau berkantor itu sampai tanggal 19 [Oktober], kemungkinan dari 10 [September] sampai dengan 19 [Oktober]," katanya kepada wartawan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2024).

Dia melanjutkan bahwa rencananya selama 40 hari, Jokowi bakal berkantor di Ibu Kota di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper