Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Pembangunan LRT Velodrome-Manggarai Capai 26,64%, Uji Lintasan September

Pembangunan LRT Jakarta fase 1B telah mencapai 26,64% hingga Agustus 2024, Lintasan bakal diuji coba pada September.
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan LRT Jakarta fase 1B yang menghubungkan stasiun LRT Velodrome hingga Manggarai mencapai 26,64% hingga Agustus 2024. Lintasan siap diuji coba pada akhir September. 

Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Dian Takdir mengatakan hingga akhir Agustus 2024, progres pembangunan LRT Jakarta mencapai 26,64% dengan deviasi positif.

“Pekerjaan persiapan proyek LRT Jakarta, seperti pemasangan pagar, pemindahan utilitas, dan relokasi pohon, sudah hampir selesai,” kata Dian dalam keterangan resmi, Kamis (5/9/2024). 

Dian menambahkan untuk  pekerjaan utama seperti pengeboran tiang bor pondasi, penempatan tiang bor pondasi masih terus diakselerasi untuk sepanjang jalur LRT 6,4 kilometer. Total terdapat 612 titik borepile atau tiang bor pondasi yang sudah ditempatkan serta 61 titik pilecap atau tapak pondasi yang sudah terpasang. 

Sementara itu, pekerjaan utama lainnya seperti penempatan balok jembatan, baik yang terbuat dari beton maupun baja, plat lantai (slab), serta pengecoran parapet juga sedang berlangsung. 

Balok jembatan merupakan struktur utama pendukung rel kereta. Satu span atau bentang di antara 2 tiang kolom penyangga jembatan atau pier, akan terdiri dari dua balok jembatan. Kedua balok jembatan akan disambungkan menjadi satu menggunakan balok diafragma. 

Setelah itu, akan dipasang rel dan sistem sumber listrik penggerak kereta, baik pada viaduct maupun di Stasiun Rawamangun, dengan target untuk siap dilakukan uji lintasan/test track pada akhir September 2024 

Adapun proyek LRT Jakarta Fase IB dikerjakan dari dua sisi, yakni dari zona Velodrome – Pramuka dan zona Pramuka – Manggarai. Pembangunan jalur LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome –Manggarai) bertujuan mendukung Manggarai sebagai stasiun sentral. 

Dian mengklaim pihaknya optimis penyelesaian pekerjaan LRT Jakarta Fase 1B dapat diselesaikan pada kuartal III/2026 sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan. 

“Konstruksi LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome - Manggarai) akan berlangsung selama 36 bulan,” kata Dian. 

Jalur yang akan dibangun pada fase 1B ini sepanjang 6,4 kilometer dan akan terdapat 5 stasiun, yaitu Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Ditargetkan dengan terbangunnya fase 1B ini nantinya akan membawa 80.000 penumpang per hari secara bertahap.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper