Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Pramuka Akan Terkoneksi Langsung dengan LRT Jakarta Fase 1B

LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome – Manggarai dilaporkan telah mencapai 23,15%. Nantinya, rute ini bakal terkoneksi langsung dengan Pasar Pramuka
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Progres konstruksi proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome – Manggarai dilaporkan telah mencapai 23,15%. Nantinya, rute ini bakal terkoneksi langsung dengan Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkerataapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal menjelaskan kehadiran LRT Jakarta Fase 1B ini akan menyempurnakan integrasi transportasi di Stasiun Manggarai.

Pasalnya, LRT Jakarta Fase 1B dibangun sepanjang 6,4 Kilometer (km) yang akan terdiri dari lima stasiun yaitu Stasiun Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan berakhir di Manggarai.

“Nantinya ketika kereta jarak jauh tiba di stasiun ini [Manggarai], penumpang dapat langsung melanjutkan perjalanan ke Kelapa Gading menggunakan LRT Jakarta,” ujar Risal dalam keterangan resmi, dikutip Senin (5/8/2024).

Lebih lanjut, Risal menjelaskan bahwa konstruksi LRT Fase 1B ini ditargetkan akan beroperasi pada awal 2027. Bahkan, diharapkan dapat mulai fungsional untuk publik pada kuartal II/2026.

Menanggapi target tersebut, Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) Ermy Puspa Yunita mengatakan, perseroan berkomitmen menyelesaikan proyek LRT Jakarta Fase 1B ini dengan tepat waktu dan tepat mutu.

Hal itu dilakukan demi mendukung layanan transportasi publik yang masif, sekaligus mendukung kegiatan sosia dan perekonomian masyarkat Jakarta.

“Selain itu, diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti Commuter Line, MRT Jakarta dan Trans Jakarta,” jelasnya.

Secara lebih terperinci, Ermy menjelaskan ke depan LRT Jakarta akan dioperasikan dengan waktu jeda atau headway selama 10 menit. Melalui perpanjangan rute ini, diperkirakan ada peningkatan potensi penumpang secara bertahap hingga 80.000 per hari.

Untuk memaksimalkan potensi okupansi LRT Jakarta, pemerintah juga mengembangkan LRT Fase 2A dengan lintas Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing. Ada pula rute 3A dan 3B yang masing-masing akan melengkapi rute Kemayoran-JIS-Kelapa Gading-Velodrome-Klender-Halim.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper