Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinopec, Mubadala, hingga Medco Menang Lelang Blok Migas Tahap I 2024

Sejumlah perusahaan raksasa migas seperti Sinopec, Mubadala, Premier Oil, hingga Medco dan Pertamina ditetapkan menjadi pemenang lelang blok migas tahap I 2024
Ilustrasi platform offshore migas/Dok. SKK Migas
Ilustrasi platform offshore migas/Dok. SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan pemenang lelang penawaran langsung Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap I Tahun 2024.

Ada tiga blok migas yang telah ditetapkan pemenang lelangnya, yaitu WK Central Andaman, WK Amanah, dan WK Melati. Ketiganya berhasil dilelang dengan nilai investasi berupa komitmen pasti sebesar US$19,88 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$800.000.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Dadan Kusdiana mengatakan, lelang kali cukup menarik dikarenakan terdapat perusahaan migas asal China yang berpartisipasi dalam lelang blok migas ini.

“Untuk itu kami juga turut mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Tiongkok,” kata Dadan dalam pengumuman pemenang lelang, Selasa (3/8/2024).

Secara terperinci, pemenang WK Central Andaman (offshore bagian utara Sumatra) adalah Konsorsium Premier Oil South Andaman Limited dan Mubadala Energy Holdings Limited, dengan bonus tanda tangan sebesar US$300.000 dan total komitmen pasti US$4,03 juta.

Kedua, pemenang WK Amanah (onshore Sumatra Selatan) adalah Konsorsium PT Medco Energi Linggau, PT Sele Raya, dan KUFPEC Regional Ventures (Indonesia) Limited, dengan bonus tanda tangan sebesar US$300.000 dan total komitmen pasti US$3,15 juta.

Ketiga, WK Melati (onshore-offshore Sulawesi Tenggara-Sulawesi Tengah), pemenangnya adalah Konsorsium PT Pertamina Hulu Energi, Sinopec International Energy Investment Holdings Limited, dan KUFPEC Regional Ventures (Indonesia) Limited, dengan bonus tanda tangan sebesar US$200.000 dan total komitmen pasti US$12,7 juta.

Dadan menyampaikan, dalam putaran lelang WK Migas Tahap I Tahun 2024 terdapat lima blok migas yang telah ditawarkan, yaitu WK Amanah, WK Central Andaman, WK Melati, Wilayah Kerja Panai, dan WK Pesut Mahakam. 

Khusus lelang WK Panai dan WK Pesut Mahakam masih berlangsung dan ditawarkan dengan mekanisme lelang reguler, serta akan berakhir pada 11 September 2024.

Ditjen Migas, kata Dadan, akan terus berupaya mengundang investor untuk melakukan kegiatan eksplorasi migas dalam rangka mengoptimalkan potensi migas, melalui penawaran WK migas.

Lebih lanjut, Dadan menyampaikan bahwa pihaknya berencana membuka kembali penawaran WK migas tahap II 2024.

“Terdapat lima wilayah kerja yang dinilai potensial dan menjadi kandidat yang akan ditawarkan, yaitu WK Air Komering, WK Binaiya, WK Gaea, WK Kojo, dan WK Serpang,” ucapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper