Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelita Air Akan Tambah Armada Pesawat Hingga 2025

Pelita Air berencana melakukan penambahan pesawat terbang hingga 2025.
Pesawat Pelita Air - Dok. Pelita Air
Pesawat Pelita Air - Dok. Pelita Air

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai cucu BUMN PT Pelita Air Service berencana melakukan penambahan pesawat terbang hingga 2025. 

Direktur Komersial Pelita Air Service Asa Perkasa mengatakan Pelita Air akan menambah 3 unit pesawat terbang tahun ini dan beberapa unit pada tahun depan. 

“[Sebanyak] 3 [pesawat] lagi tahun ini dan tahun depan [juga] akan tambah pesawat,” kata Asa kepada wartawan, dikutip Selasa (19/8/2024). 

Meskipun demikian, Asa tidak memerincikan berapa pesawat yang akan dipesan Pelita Air pada tahun depan. Adapun sampai dengan saat ini, Pelita Air sendiri telah memiliki 11 pesawat terbang yang beroperasi di rute domestik. 

Penambahan pesawat oleh Pelita Air dilakukan di tengah kondisi Indonesia yang kekurangan pesawat terbang. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, Indonesia masih kekurangan ratusan armada pesawat terbang karena permintaan yang meningkat.  

Luhut menjelaskan kurangnya pesawat terbang tersebut merupakan siklus bisnis, di mana saat ini permintaan pesawat meningkat. Terlebih beberapa jenis pesawat belum tersertifikasi dan adanya antrean pemesanan pesawat hingga 10 tahun ke depan. 

“Apalagi dengan [Boeing] 737 MAX itu belum certified, itu juga berdampak kepada pemesanan pesawat yang antre mungkin sampai 10 tahun,” jelas Luhut dalam konferensi pers Bali International Airshow 2024, Senin (19/8/2024).  

Lebih lanjut, Luhut menyebutkan, potensi bisnis penerbangan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Transportasi udara disebut menjadi salah satu sektor yang strategis.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper