Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelita Air Tambah Jadwal Penerbangan ke Balikpapan Jelang HUT RI di IKN

PT Pelita Air Service akan menambah jadwal penerbangan rute Jakarta-Balikpapan menjelang HUT ke 79 RI
Pesawat Pelita Air - Dok. Pelita Air
Pesawat Pelita Air - Dok. Pelita Air

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai Penerbangan milik Pertamina, PT Pelita Air Service akan menambah jadwal penerbangan rute Jakarta-Balikpapan menjelang perayaan HUT ke 79 RI di IKN Nusantara.

Direktur Utama Pelita Air Service Dendy Kurniawan menjelaskan saat ini pihaknya akan meningkatkan jadwal penerbangan rute Jakarta-Balikpapan menjadi 5 kali sehari dari sebelumnya hanya 3 kali sehari. 

"Akan kita tingkatkan jadi 5x sehari, periode menjelang 17-an," kata Dendy kepada Bisnis, Selasa (6/8/2024). 

Meski demikian, jadwal tersebut akan kembali normal ke tiga kali sehari setelah periode 17 Agustus. 

Dendy juga menjelaskan selain rute Jakarta -Balikpapan, terdapat juga rute Jogjakarta - Balikpapan dan Surabaya - Balikpapan. Rute ini memiliki masing-masing satu kali jadwal penerbangan setiap hari. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum dapat dioperasikan saat upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.  

Dengan belum beroperasinya Bandara di IKN, maka kegiatan penerbangan pada perayaan Kemerdekaan RI akan disiapkan melalui bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan dan bandara APT Pranoto Samarinda.

Mundurnya fungsional Bandara VVIP IKN dari target awal seiring dengan terkendalanya pembangunan akibat cuaca yang kurang kondusif. Menurut Budi Karya Sumadi waktu pengerjaan optimal bandara tersebut bahkan tidak mencapai 15 hari selama dua bulan belakangan.

Adapun, Budi mengklaim saat ini proses konstruksi Bandara VVIP IKN telah berjalan normal seiring dengan membaiknya kondisi cuaca. Seiring dengan hal tersebut, dirinya menargetkan Bandara IKN ini nantinya dapat dioperasikan pada akhir Agustus 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper