Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Bulan Depan, Naik Trem Otonom IKN Gratis Sampai Akhir 2024

Menhub Budi Karya menyebut uji coba trem otonom akan dimulai pada 5 Agustus 2024 hingga Desember 2024.
Ilustrasi kereta otonom di IKN buatan China. / Dok. Kemenhub
Ilustrasi kereta otonom di IKN buatan China. / Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut uji coba trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) akan dimulai pada 5 Agustus 2024 hingga Desember 2024.

Budi Karya menjelaskan, trem otonom diarahkan untuk menjadi moda transportasi di IKN sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun, saat ini rolling stock atau rangkaian kereta ART untuk uji coba sudah tiba di Balikpapan.

Dia menjelaskan, uji coba ART dilakukan melalui kerja sama dengan perusahaan China yang memberikan layanan gratis. Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan jalan serta markanya yang sudah dikonstruksi oleh Kementerian PUPR dan Otorita IKN.

"Skema operasional pada masa uji coba dilakukan dengan menerapkan tiket gratis kepada penumpang, selama bulan Agustus hingga Desember 2024," kata Budi Karya dalam keterangan resminya, Senin (29/7/2024).

Budi melanjutkan, selama masa uji coba gratis, akan ada dua unit rangkaian kereta (trainset) dengan masing-masing tiga gerbong. Dia menjelaskan, kereta ini akan berputar melalui Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat dan sisi timur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dengan waktu tunggu (headway) 5 menit.

Adapun, Budi Karya juga mempersiapkan skema operasi penerbangan pada perayaan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang menyusul terkendalanya pembangunan Bandara VVIP IKN.

Dia menuturkan, pada proyek bandara IKN, Kemenhub membangun terminal bandara, sementara landasan pacu (runway) dibangun oleh Kementerian PUPR. Dia mengatakan, kondisi cuaca yang buruk selama dua bulan terakhir menjadi tantangan terbesar dalam pembangunan bandara IKN.

Oleh karena itu, Budi mengatakan pihaknya telah menyiapkan skenario penerbangan pada perayaan 17 Agustus mendatang. Penerbangan pada perayaan Kemerdekaan RI disiapkan melalui bandara IKN atau melalui bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dan bandara APT Pranoto Samarinda.

"Presiden menyampaikan arahan yang tegas untuk tidak terlalu dipaksakan. Memang ada kemungkinan tertunda, tetapi Insya Allah akhir Agustus akan selesai," kata Budi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper