Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Pastikan Istana & Rusun ASN di IKN Terkoneksi Internet Agustus 2024

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Istana Kepresidenan hingga rusun ASN di IKN sudah terkoneksi listrik pada HUT Kemerdekaan ke-79 RI.
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan sarana dan prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN), seperti Istana Kepresidenan hingga rusun ASN, sudah terkoneksi listrik pada HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

Dalam kunjungannya meninjau pembangunan IKN pada Sabtu (29/6/2024), Erick memastikan sarana penunjang seperti listrik hingga koneksi internet dipastikan aman jelang perhelatan Upacara Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024.

“Saya kembali berkunjung ke Ibu Kota Nusantara [IKN], untuk mengecek kesiapan perusahaan BUMN menyediakan fasilitas untuk upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI,” tuturnya dalam unggahan akun Instagramnya, dikutip Senin (1/7/2024).

Selain memastikan ketersediaan listrik dan saluran internet, Erick juga menegaskan pihaknya telah menyiapkan pasokan gas hingga listrik untuk IKN. Sumbernya, berasal dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah groundbreaking beberapa waktu lalu. 

Selain itu, pasokan listrik di IKN juga akan berasal dari uninterruptible power supply (UPS) atau suplai daya bebas gangguan serta melalui emergency genset

“Saya juga ingin memastikan pasokan kebutuhan energi, baik listrik dan gas, serta koneksi internet, bisa terpenuhi untuk Istana Kepresidenan, kantor-kantor pemerintah, rumah tapak jabatan menteri, perumahan ASN dan pendukung lainnya,” tambahnya.

Seiring dengan hal itu, Erick Thohir mengeklaim bahwa progres kesiapan tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Alhamdulillah, penugasan penting yang diberikan Presiden Jokowi kepada kami di kementerian dan perusahaan BUMN hingga saat ini berjalan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat progres pembangunan IKN dilaporkan telah mencapai 81% hingga periode Mei 2024.

Dalam laporannya, sejumlah proyek infrastruktur ditargetkan siap beroperasi secara bertahap mulai Juni hingga awal Agustus 2024. Percepatan pembangunan tersebut dilakukan dalam rangka menyukseskan rangkaian pemindahan ibu kota ke Nusantara yang diawali dengan pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024. 

Adapun, sejumlah proyek yang ditargetkan sudah siap beroperasi sebelum 17 Agustus antara lain, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku, jaringan pipa transmisi dan distribusi, serta reservoir air KIPP IKN yang berkapasitas 2 x 6000 liter. 

Selain itu, multi-utility tunnel (MUT) sepanjang 26 km, serta Bendungan Sepaku Semoi juga diproyeksikan akan terisi penuh (16 juta m³) pada akhir Mei 2024. Saat in, impounding Bendungan Sepaku Semoi hanya tersisa 0.5 meter lagi sampai pada tinggi puncak spillway (limpas). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper