Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2.086 Hektare Lahan Bermasalah di IKN Segera Dieksekusi, AHY: Masuk Tahap Sosialisasi

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) mengungkap progres penyelesaian 2.086 hektare lahan di area IKN yang dilaporkan masih bermasalah.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024) - Dok. Humas Setkab/Ibrahim.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024) - Dok. Humas Setkab/Ibrahim.

Bisnis.com, PALANGKA RAYA — Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengungkap progres penyelesaian 2.086 hektare lahan di area Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dilaporkan masih bermasalah.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuturkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai penanganan dampak sosial kemasyarakatan (PDSK) ke masyarakat sekitar.

"Per kemarin itu sudah dilakukan sosialisasi terkait dengan PDSK bagi masyarakat yang ada di sejumlah lokasi tanah IKN. Yang perlu mendapatkan PDSK tadi termasuk bisa dikatakan uang ganti rugi, kerohiman dan lain sebagainya," tuturnya saat ditemui di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Jumat (28/6/2024).

AHY menjelaskan, saat ini pihaknya terus mengawal proses penyelesaian lahan bermasalah tersebut. Dia menuturkan, 2.086 hektare lahan yang bermasalah itu Sebagian merupakan area pembangunan Jalan Tol Akses IKN Seksi 6A dan 6B.

Selain itu, 2.086 hektare lahan itu juga Sebagian bakal digunakan untuk pengembangan proyek pengendalian banjir Sepaku.

Menyukseskan rencana penyelesaian 2.086 hektare lahan bermasalah di IKN, AHY mengungkap dirinya bakal bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), yang juga saat ini dinahkodai oleh Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala OIKN.

"Baru saja saya kemarin komunikasi dengan bung Raja Juli Antoni yang juga saat ini menjalankan tugas sebagai Plt Wakil Kepala OIKN, kita saling komunikasi," ujar AHY.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk menyelesaikan masalah 2.086 hektare tersebut. 

Basuki menjelaskan, dalam Perpres itu nantinya akan diatur implementasi PDSK Plus. Umumnya, PDSK hanya meliputi upaya ganti rugi yang akan diberikan pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak pembangunan.

Namun demikian, sebagai langkah percepatan penanganan lahan bermasalah di IKN, PDSK Plus akan mencakup biaya ganti rugi hingga pengadaan rumah atau area relokasi bagi masyarakat terdampak konstruksi IKN. 

"Kalau PDSK itu hanya ganti rugi saja. Jadi kalau plus bisa direlokasi, bisa dibikin rumah. Tergantung pada musyawarah dengan masyarakat. Arahannya Bapak Presiden utamakan kepentingan masyarakat," tutur Basuki.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper