Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Buka Rute ke Kinabalu dan Phuket dari Denpasar

Maskapai AirAsia Indonesia membuka rute internasional baru dari Denpasar ke Kinabalu, Malaysia dan Phuket, Thailand.
Pesawat AirAsia terparkir di bandara./ Dok. Bloomberg
Pesawat AirAsia terparkir di bandara./ Dok. Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) memperluas konektivitas penerbangan internasionalnya dengan membuka dua rute penerbangan baru. Rute penerbangan baru tersebut menghubungkan Kota Denpasar, Bali dengan Kota Kinabalu, Malaysia dan Phuket, Thailand.

Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine menjelaskan, pembukaan rute ini menunjukkan upaya perusahaan dalam memperluas konektivitas jaringan udara dan memperkuat potensi pariwisata Indonesia dimata dunia.

“Kedua rute terbaru ini, yang menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan destinasi populer Denpasar-Phuket, Thailand dan Denpasar-Kota Kinabalu yang terletak di Sabah, Malaysia,” kata Vera dalam keterangan resminya, Selasa (17/6/2024).

Penerbangan perdana rute Denpasar-Kota Kinabalu akan dilayani pada 9 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3 kali dalam seminggu pada Rabu, Jumat dan Minggu. Sementara itu, rute Denpasar-Phuket akan beroperasi mulai 10 Agustus 2024 dengan dengan frekuensi terbang sebanyak 3 kali dalam seminggu pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Veranita memaparkan, sebelumnya perusahaan juga telah membuka rute baru Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari 2024 lalu. Dia menuturkan, minta penumpang atas rute ini terbilang tinggi yang terlihat dari tingkat keterisiannya mencapai lebih dari 94% pada Februari-Mei 2024.

“Sehingga AirAsia mengambil langkah strategis dalam melebarkan sayapnya dan kembali menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Kota Kinabalu melalui Denpasar,” jelas Vera.

Penambahan rute baru ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sepanjang 2024. Sehingga, dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 17 juta kunjungan.

Dia menambahkan, pembukaan rute baru juga dapat memberikan kontribusi positif melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, baik di sektor pariwisata maupun perekonomian Indonesia.

Dia melanjutkan, pembukaan rute-rute ini turut berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara antar destinasi wisata di Asean dan memudahkan wisatawan internasional mengunjungi beberapa destinasi. 

“Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendapatan, lapangan kerja, dan investasi, serta memperkuat kerjasama regional dan pertukaran budaya,” katanya.

Lebih lanjut, rute baru ini tidak hanya berdampak positif bagi wisatawan dari Indonesia saja. Wisatawan dari Thailand dan Sabah juga dapat mengunjungi berbagai spot destinasi menarik di Bali yang terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budaya sebagai ciri khasnya. 

Vera mengatakan, berbagai destinasi favorit di Indonesia lainnya juga bisa dijangkau dengan melakukan penerbangan lanjutan bersama AirAsia melalui Denpasar seperti Labuan Bajo, Kupang dan Lampung.

Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke [email protected].


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper