Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Buka Rute Internasional Jakarta-Brunei, Terbang Agustus 2024

AirAsia Indonesia resmi membuka rute internasional baru Jakarta-Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam dengan jadwal terbang perdana per Agustus 2024.
Pesawat AirAsia terparkir di bandara./ Dok. Bloomberg
Pesawat AirAsia terparkir di bandara./ Dok. Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) resmi membuka rute internasional baru Jakarta-Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine menuturkan, ini merupakan rute internasional baru kedua yang dibuka perusahaan sepanjang 2024. Sebelumnya, AirAsia juga telah membuka rute Jakarta-Kota Kinabalu, Malaysia.

"Pembukaan rute terbaru ini sekaligus menjadi negara keenam yang dilayani oleh AirAsia, setelah Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja," kata Vera dalam keterangan resminya, Kamis (6/6/2024). 

Dia mengatakan, tiket pesawat rute ini sudah mulai bisa dipesan mulai 5 Juni 2024. Sementara itu, penerbangan perdana akan dilayani pada 2 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3 kali dalam seminggu pada Rabu, Jumat dan Minggu. 

Veranita mengatakan, pembukaan rute terbaru ini diharapkan dapat membuka peluang bagi kedua negara dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini nantinya akan menimbulkan dampak positif dari segi peningkatan di sektor industri pariwisata dan perekonomian masing-masing negara.

Selain itu, rute ini juga dapat berkontribusi dalam mempererat hubungan baik antara pemerintah Indonesia dan Brunei Darussalam.

Rute baru ini tidak hanya dapat dinikmati wisatawan dari Indonesia yang dapat berkunjung dan menikmati pariwisata di Bandar Seri Begawan. Sebaliknya, wisatawan dari Brunei Darussalam juga dapat merasakan pariwisata Indonesia, dengan penerbangan lanjutan dari Jakarta, menuju destinasi wisata unggulan seperti Bali, Labuan Bajo maupun Danau Toba.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, meski mengalami penurunan drastis selama pandemi pada tahun 2020 dan 2021 silam, jumlah wisatawan mancanegara dari Brunei Darussalam ke Indonesia mulai mengalami peningkatan pada 2022, yaitu sebanyak 4.798 wisatawan.

Jumlah tersebut kembali naik pada 2023 sebanyak 13.518 wisatawan atau naik sebesar 181.7% jika dibandingkan dengan 2022. Tren diharapkan dapat terus meningkat kedepannya seiring dengan dibukanya rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Brunei Darussalam.

Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke [email protected].

AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Perusahaan juga mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper