Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha 2024, Jasa Marga Arus Tol Surabaya-Mojokerto Melonjak

Jasa Marga mencatat arus kendaraan di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto melonjak selama periode libur Iduladha 2024.
Ilustrasi jalan tol. Kondisi tol di Cikampek, Selasa (18/4/2023) pada arus mudik Lebaran 2023 / Jasa Marga
Ilustrasi jalan tol. Kondisi tol di Cikampek, Selasa (18/4/2023) pada arus mudik Lebaran 2023 / Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) mengoptimalkan layanan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto untuk memperlancar akses menuju destinasi wisata pada periode libur panjang hari raya Iduladha 1445H/2024M.

Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto D. Hari Pratama menyampaikan, JSM telah menyiapkan berbagai upaya layanan operasional guna menjaga kelancaran serta kenyamanan perjalanan pengguna jalan.

“Dalam bidang layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader untuk menambah kapasitas di gerbang tol, memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol,” kata Hari dalam keterangan resminya, Senin (17/6/2024).

Selain itu, pihaknya juga memastikan keberfungsian CCTV dan Dynamic Message Sign (DMS) untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi melalui aplikasi Travoy, serta menempatkan personil pada lokasi potensi kepadatan di sepanjang Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Dalam bidang layanan pemeliharaan, Hari menyebut bahwa pihaknya telah menyiagakan Tim Patching sebagai langkah antisipasi jika ada gangguan pada perkerasan, melakukan langkah preventif dengan normalisasi, pembersihan drainase dan pembangunan tanggul penahan banjir, serta menyiagakan personil dan sarana untuk antisipasi keadaan darurat apabila terjadi genangan air.

“Yang tidak kalah penting adalah memastikan rest area dapat memberikan fasilitas terbaiknya termasuk kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet di rest area, memastikan ketersediaan BBM, serta menyiapkan manajemen arus lalu lintas di rest area,” ujarnya.

Adapun pada Sabtu (15/6/2024), JMS mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan menuju daerah wisata di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya dan Kab. Mojokerto. Peningkatan volume kendaraan terjadi di Gerbang Tol (GT) Warugunung.

Lonjakan volume kendaraan juga terlihat melonjak, dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Surabaya menuju ke arah Barat melalui GT Warugunung sebanyak 24.000, meningkat sebanyak 33% dari kondisi normal sebanyak 18.000 kendaraan.

Sementara, sebanyak 23.500 kendaraan masuk ke arah Surabaya di GT Warugunung atau meningkat sebanyak 27% dibanding kondisi normal sebanyak 18.500 kendaraan.

Hari mengimbau bagi pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

“Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol,” imbaunya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper