Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geger Kepala Otorita IKN Mundur, Aguan dan Bos RS Hermina Bilang Begini

Pimpinan Konsorsium Nusantra, Aguan dan sejumlah investor IKN menanggapi mundurnya Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN secara bersamaan.
Akbar Evandio, Alifian Asmaaysi
Kamis, 6 Juni 2024 | 10:28
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (tengah) dan pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma (Aguan) dalam kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/8/2023). ANTARA/HO-Kementerian Investasi/BKPM
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (tengah) dan pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma (Aguan) dalam kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/8/2023). ANTARA/HO-Kementerian Investasi/BKPM

Bisnis.com, JAKARTA - Pimpinan Konsorsium Nusantra, Aguan-Sugianto Kusuma dan sejumlah investor Ibu Kota Nusantara (IKN) angkat bicara terkait mundurnya 2 pimpinan tertinggi Badan Otorita IKN.

Aguan yang juga merupakan bos Agung Sedayu Group menyatakan pihaknya menyambut baik pemilihan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN.

"Apa lagi sekarang PJ-nya Pak basuki, saya yakin kita bisa maju lebih pesat, segala urusan bisa diambil lebih cepat, jadi semua investor semua juga confident bahwa ini penggantiannya ini," kata Aguan saat menghadiri groundbreaking Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden IKN, Selasa (4/6/2024).

Dia memastikan pembangunan proyeknya yaitu Hotel Nusantara di IKN tidak akan terhambat dengan mundurnya 2 pejabat Otorita IKN. Dia mengungkapkan progres pembangunan Hotel Nusantara telah mencapai sekitar 90 persen.

Dia menuturkan pembangunan hotel tersebut masih berjalan sesuai dengan target. Aguan mengaku optimistis hotel tersebut dapat selesai dalam waktu dekat.

"Saya kira untuk hotel tadi saya lihat sudah 90% jadi untuk penugasan khusus bulan 7 kita bisa selesai semua," ungkapnya.

Emiten rumah sakit terafiliasi Grup Astra, PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL), juga angkat bicara terkait mundurnya Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN.

RS Hermina memastikan investasinya di IKN akan tetap berlanjut usai Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahadjoe mundur dari jabatannya.

Direktur Utama HEAL, Hasmoro, memastikan bahwa komitmen investasi Hermina di IKN tetap akan berlanjut dan dipastikan tidak akan terpengaruh oleh sentimen tersebut.

Hasmoro juga menegaskan bahwa rumah sakit Hermina di IKN ditargetkan bakal mulai beroperasi pada Agustus 2024.

"Hermina tidak terpengaruh [dengan mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe dari OIKN] dan terus percepat pembangunan sesuai komitmen kami bisa operasional bulan Agustus," kata Hasmoro kepada Bisnis, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, optimisme dalam menggarap proyek investasi Hermina Nusantara di IKN juga berangkat dari kepercayaan HEAL kepada pemerintah terkait keberlanjutan pembangunan IKN.

"Karena kami percaya komitmen pemerintahan Jokowi dan Prabowo untuk menyelesaikan IKN," pungkasnya.

Sebagai informasi, Hermina menjadi rumah sakit ke-3 yang saat ini tengah dibangun di IKN. Komitmen investasi yang diguyurkan oleh HEAL ke IKN dilaporkan mencapai Rp650 miliar.

Berdasarkan catatan Bisnis, groundbreaking investasi Hermina dilaksanakan pada Rabu (1/11/2023) dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di hadapan para investor.

Basuki menggantikan Bambang Susantono yang resmi mundur dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN pada Senin (3/6/2024).

Momen tersebut terjadi tatkala Jokowi tengah memimpin seremoni groundbreaking proyek Astra Biz Center milik PT Astra International Tbk. (ASII) dan proyek Botanical Garden yang digarap Konsorsium Nusantara pimpinan bos Agung Sedayu Group, Aguan.

Saat membuka sambutannya, Jokowi menyampaikan salam hormatnya pada sejumlah jajaran Menteri, Gubernur, Panglima TNI, hingga Investor yang hadir dalam acara tersebut.

"Juga hadir, Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita yang baru saja dilantik," kata Jokowi saat membuka seremoni groundbreaking proyek IKN, Selasa (4/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper