Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah PHK Massal, Perusahaan RI Kompak Setop Rekrut Karyawan

Sebanyak 69% perusahaan RI setop rekrut karyawan baru sepanjang 2023 untuk mencegah PHK massal.
Ilustrasi perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal./ Dice Insights
Ilustrasi perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal./ Dice Insights

Bisnis.com, JAKARTA - Laporan Talent Acquisition Insights 2024 oleh Mercer Mettl mencatat 69% perusahaan di Indonesia setop rekrut karyawan pada 2023, angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 50%.

“Hal ini didorong karena kekhawatiran akan Pemutusan Hubungan Kerja [PHK],” demikian isi laporan yang dikutip Rabu (24/4/2024).

Adapun, di antara perusahaan-perusahaan ini, organisasi besar menyumbang 67% dari pembekuan perekrutan. Industri perbankan, perhotelan, dan farmasi menjadi tiga sektor teratas di Indonesia yang membekukan perekrutan pekerja pada 2023.

Laporan tersebut juga mengungkapkan sebanyak 23% perusahaan di Indonesia melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 2023, dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 32%.

Survei Talent Acquisition Insights 2024 yang diadakan oleh Mercer Mettl dilakukan terhadap lebih dari 750 profesional SDM di lebih dari 20 industri di Indonesia, untuk mengungkap wawasan tentang tren perekrutan yang akan membentuk strategi masa depan bagi perusahaan.

Pada laporan yang sama, dilaporkan bahwa 75% perusahaan di Indonesia memandang kemahiran kecerdasan buatan (AI) sebagai keterampilan yang tidak terpisahkan.

Pengaruh AI dan otomatisasi terhadap peran pekerjaan di berbagai industri diperkirakan akan terus berlanjut. Misalnya, para pemimpin SDM percaya bahwa pekerjaan seperti pemasaran email (60%) dan eksekutif layanan pelanggan (48%) memiliki risiko tertinggi untuk menjadi usang dan kemungkinan besar akan digantikan oleh AI.

Di sisi lain, permintaan akan peran pekerjaan yang berpusat pada AI, seperti ilmuwan data dan pembuat konten AI, diperkirakan akan meningkat.

Director of Career Services Mercer Indonesia Isdar Marwan mengatakan dalam lingkungan yang berkembang pesat saat ini, perusahaan harus memberdayakan tenaga kerjanya untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan keterampilan yang terus berubah.

Menurutnya, menerapkan praktik perekrutan berbasis keterampilan sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan akuisisi talenta, mempersiapkan angkatan tenaga kerja di masa depan hingga mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia yang lebih efisien.

“Perusahaan juga harus memanfaatkan potensi AI untuk memperkaya talenta mereka dan membentuk tim yang berkinerja tinggi,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Untuk tahun ini, prioritas perekrutan 2024 adalah untuk menarik talenta terbaik, mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam merekrut talenta, serta meningkatkan keterampilan dan pelatihan ulang bagi karyawan.

"Kemampuan untuk menarik talenta terbaik sesuai dengan anggaran juga penting bagi 63% perusahaan di Indonesia," kata Isdar.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa para pemimpin SDM mengakui perekrutan inklusif akan menjadi kunci bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik, dengan 67% dari mereka menganjurkan kesetaraan gaji antar gender dalam proses perekrutan.

Secara jangka panjang, 57% perusahaan di Indonesia percaya bahwa fokus pada employer branding akan menjadi hal yang penting dalam lima tahun dari sekarang untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

Market Leader Mercer Indonesia Astrid Suryapranata menekankan pentingnya memadukan teknologi dengan praktik yang berpusat pada manusia.

Menurutnya, seiring dengan peralihan lanskap akuisisi talenta yang menuju perekrutan berbasis keterampilan, mengutamakan kompetensi tertentu seperti kemahiran AI akan menjadi hal yang sangat penting.

“Perusahaan perlu fokus pada kebutuhan tenaga kerja mereka dengan mendorong lingkungan kerja yang positif, menawarkan peluang pengembangan keterampilan secara berkala, dan memberikan insentif finansial, agar perusahaan tetap unggul dalam persaingan. Tahun 2024 akan menjadi tahun yang menentukan dalam membentuk Workforce 2.0, baik di Indonesia maupun di luar negeri,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper