Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+3 Lebaran, Stasiun Bogor Penuh Sesak Pengunjung

Penumpang KRL Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih tinggi pada libur lebaran.
Suasana Stasiun Bogor, pada Sabtu (13/4/2024)/Bisnis- Afiffah Rahma
Suasana Stasiun Bogor, pada Sabtu (13/4/2024)/Bisnis- Afiffah Rahma

Bisnis.com, BOGOR - Momentum libur Lebaran 2024 di kawasan Stasiun Bogor masih terasa sesak dipadati penumpang dari rute Jakarta Kota. Kepadatan stasiun menjadi berkah bagi pedagang kaki lima (PKL) di area sekitar stasiun. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Sabtu (13/4/2024) pukul 14.30 WIB penumpang di Stasiun Bogor padat mengantre ke luar stasiun. Beberapa penumpang mengaku memilih Bogor sebagai destinasi tujuan wisata sebelum masa libur berakhir.

Amih (43) rela berdesak-desakan keluar stasiun bersama ketiga anaknya untuk sekadar bermain di Kebun Raya Bogor yang tak jauh dari stasiun. Taman wisata tersebut dinilai sebagai tempat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. 

"Saya dari Pasar Minggu, ke Bogor mau main sama anak-anak ke KRB, cari suasana yang adem. Biar gak bosan juga di rumah," kata wanita berjilbab merah muda itu di Bogor, Sabtu (13/4/2024). 

Sambil membawa sedikit makanan, Amih dan anak-anaknya berangkat sejak pagi pukul 08.00 WIB. Dia mengaku tak khawatir macet panjang lantaran jarak KRB dari stasiun yang cukup dekat. 

Meskipun, dia agak was-was dengan kondisi di stasiun yang padat sesak dipenuhi lautan manusia. "Saya kira gak akan sepenuh ini kalau naik KRL," imbuhnya. 

Di sisi lain, Rahmi (19) bersama rombongan teman-temannya datang dari Bekasi ke Bogor untuk menjajal wisata kuliner di sekitar stasiun, mulai dari Taman Topi, Jembatan Merah hingga ke kawasan Surya Kencana. 

"Tadi berangkat jam 10 pagi, keliling sekitar stasiun. Ada banyak jajanan di Warung Tepi Kereta, makan soto, terus ke Jembatan Merah sama Surya Kencana," jelasnya. 

Salah satu yang menjadi favorit Rahmi dan teman-temannya yakni Mie Bakso Apollo yang ditempuh 5 menit dari Stasiun Bogor. Dia cukup puas dengan wisata kuliner meskipun butuh perjuangan untuk keluar stasiun yang dipadati penumpang. 

Sebagai informasi, penumpang KRL Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih tinggi pada libur lebaran, bahkan tembus mencapai 289.653 orang hingga H+2 lebaran kemarin. 

Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan catatan pada 10 April lalu yang mencapai 250.599 penumpang dari pukul 09.00–15.00 WIB. 

“Terpantau volume pengguna cukup ramai di stasiun-stasiun awal pemberangkatan Commuter Line dan stasiun-stasiun tujuan di Kawasan wisata keluarga,” kata Anne Purba, selaku Corporate Secretary KAI Commuter dalam keterangan resminya dikutip Sabtu (13/4/2024).

Anne merinci ada sebanyak 21.676 orang yang naik dari  Stasiun Bogor hingga pukul 15.00 WIB dan sebanyak 31.402 orang yang turun di stasiun tersebut. Dengan angka tersebut, Stasiun Bogor menjadi stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan dengan volume tertinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper