Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-2 Lebaran: Stasiun Gambir Lengang, 370.000 Penumpang Tinggalkan Jakarta

Stasiun Gambir, Jakarta Pusat terlihat lengang pada H-2 Lebaran 2024. Tiket kereta api sudah terjual habis
Pemudik dengan angkutan kereta api memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). JIBI/Mutiara Nabila
Pemudik dengan angkutan kereta api memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). JIBI/Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA — Dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri atau H-2 Lebaran 2024, banyak warga Jabodetabek sudah melakukan mudik ke kampung halaman menggunakan berbagai moda transportasi, termasuk kereta api melalui Stasiun Gambir.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada Senin (8/4/2024) pukul 14.00 WIB, parkir kendaraan Stasiun Gambir terpantau lengang dan kosong. Untuk masuk ke dalam stasiun pun tidak terdapqt antrean.

Namun, di dalam Hall Selatan Stasiun Gambir tampak dipadati para pemudik yang siap berangkat ke berbagai tujuan seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kendati cukup lengang, petugas loket pembelian tiket langsung mengungkapkan bahwa tiket Go Show untuk hari ini sudah ludes terjual habis, kecuali ada yang membatalkan tiket dan kemungkinannya kecil.

Adapun, di Hall Selatan Stasiun Gambir saat ini terdapat aturan penggunaan Face Recognition saat melakukan pengecekan tiket dan boarding ke peron stasiun. Hal ini untuk mencegah penumpang yang naik berbeda dengan yang ada di tiket.

Pendaftaran Face Recognition bisa dilakukan di tempat, tepatnya di sebelah mesin cetak tiket atau bisa juga melalui aplikasi KAI Access. Namun, jika sudah tidak sempat melakukan pendaftaran Face Recognition, calon penumpang bisa tetap masuk melalui pengecekan tiket di Hall Utara.

Manager Humas Daop 1 PT KAI Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan bahwa pra Angkutan Lebaran (Angleb) 2024, 31 Maret s.d 9 April 2024 (H-10 s.d H-1) tersedia tempat duduk sebanyak 438.598 seat, dan telah terjual sebanyak 415.306 tiket dengan ketercapaian 95 persen. 

“Sampai dengan hari ini, Senin 8 April 2024 tercatat 370.000 lebih telah diberangkatkan penumpang mudik keberbagai tujuan di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Barat dengan 77 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) perharinya,” kata Ixfan.

Adapun, sebanyak 370.000 penumpang tersebut berangkat dari tanggal 31 Maret hingga hari ini 8 April 2024, dengan okupansi ketercapaian 94 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan.

Selain itu, sampai dengan Senin (8/4/2024) sebanyak 782.841 tiket telah terjual untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Perinciannya dari Stasiun Gambir terjual sebanyak 259.454 tiket dengan 40 perjalanan KAJJ perhari, sedangkan keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen terjual sebanyak 523.387 tiket dengan 37 perjalanan KAJJ perhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper