Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-2 Lebaran: Stasiun Pasar Senen Ramai, Meski Jumlah Penumpang Menurun

Berikut situasi stasiun pasar Senen, Jakarta Pusat pada H-2 Lebaran atau Senin (8/4/2024).
Ruang tunggu Stasiun Pasar Senen dipadati calon pemudik pada H-2 Lebaran 2024, Senin (8/4/2024)/Annasa Rizki Kamalina
Ruang tunggu Stasiun Pasar Senen dipadati calon pemudik pada H-2 Lebaran 2024, Senin (8/4/2024)/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA – H-2 menjelang Hari raya IdulFitri atau Lebaran 2024, puluhan ribu pemudik terus memadati Stasiun Pasar Senen, namun berangsur menurun dari puncak arus mudik pada Sabtu (6/4/2024). 

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan pada hari ini, Senin (8/4/2024), tercatat sebanyak 26.618 keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen menuju berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

Angka ini menurun dari hari sebelumnya atau Minggu (7/4/2024) yang sebanyak 26.663 penumpang maupun pada puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen pada Sabtu yang mencapai 27.191 keberangkatan. Meski demikian, kepadatan di Stasiun Pasar Senen masih terus terjadi. 

Secara umum, Ixfan mencatat pada mudik lebaran 2024, sebanyak 370.872 orang yang sudah berangkat dari Jakarta ke berbagai kota tujuan pada periode 31 Maret – 8 April 2024.

Sampai dengan hari ini pula, Ixfan menyampaikan sebanyak 782.841 tiket telah terjual untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Keberangkatan dari Stasiun Gambir terjual sebanyak 259.454 tiket dengan 40 perjalanan KAJJ perhari, sedangkan keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen terjual sebanyak 523.387 tiket dengan 37 perjalanan KAJJ perhari.

“Angka-angka tersebut masih dapat berubah mengingat penjualan secara online maupun goshow masih berlangsung s.d jadwal keberangkatan,” ujar Ixfan. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Senin (8/4/2024) pukul 13.20 WIB, kondisi di ruang tunggu penumpang Stasiun Pasar Senen bagian luar, dipadati penumpang dan tidak sedikit para pengantarnya.  

Beragam tas ransel, tas jinjing, kardus, hingga koper berbagai ukuran terlihat menghiasi ruang tunggu sebelum pemudik masuk ke pintu keberangkatan. 

Personel kepolisian dan anggota Pramuka juga terpantau hilir mudik di sepanjang Stasiun Pasar Senen untuk membantu kelancaran mudik para penumpang. 

Adapun, terpantau arus lalu laintas di sekitar Stasiun Pasar Senen terjadi sendatan karena selain banyaknya kendaraan yang akan menuju stasiun, namun juga mengantre untuk masuk ke kawasan Pasar Senen Blok III. 

Tian, pemudik asal Bekasi yang akan berangkat menuju Cirebon dari Stasiun Pasar Senen ini mengungkapkan cukup kaget ketika melihat jumlah orang yang memadati stasiun. 

Maklum, ini kali pertamanya Tian melakukan mudik. Perempuan berusia 33 tahun tersebut yang mudik bersama keluarganya menyampaikan telah memesan tiket dari sejak dua minggu lalu.  

Meski demikian, dirinya dan keluarga cukup kesulitan untuk mendapatkan tiket karena sudah banyak yang penuh dan tidak ada yang tempat duduk yang berurutan agar bersama keluarga. 

“Kendala pesan tiket pasti ada, tapi Alhamdulillah dapat walaupun sempat kesusahan nyari,” ujarnya kepada Bisnis.  

Sebagai informasi, selama masa Angkutan Lebaran 2024, yaitu 31 Maret - 21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan KAJJ dengan rata-rata 77 perjalanan KAJJ perharinya, dengan rincian 40 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Pasar Senen. 

Dari jumlah perjalanan KAJJ tersebut telah disediakan sebanyak 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata perhari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper