Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri PUPR: Kemantanpan Jalan Nasional 94,2 Persen Untuk Mudik Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan kondisi kemantapan jalan nasional mencapai 94,2 persen pada saat Lebaran tahun ini.
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kondisi kemantapan jalan nasional mencapai 94,2 persen pada saat Lebaran tahun ini.

Basuki menambahkan, untuk ruas jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 6.500 km dengan kemantapan 97,23 persen.

"Secara nasional bahwa jalan nasional (non tol) kita sepanjang 47.603 km dengan kemantapan 94,2 persen," ujar Basuki dalam Rapat Kerja Persiapan Mudik Lebaran 2024 bersama Komisi V DPR dilansir dari Antara, Selasa (2/4/2025).

Lebih lanjut, Kementerian PUPR telah memperbaiki jalan nasional, antara lain penanganan ruas jalan nasional pasca banjir di Demak, Kecamatan Karanganyar pada awal Februari dan Maret 2024 sepanjang 1,8 km, di 4 lajur ruas jalan Semarang – Demak, termasuk melakukan perbaikan marka dan median jalan.

Kemudian, Kementerian PUPR telah membuka dan membersihkan jalan nasional Sukabumi-Bogor yang sebelumnya tertutup longsor, sehingga jalan nasional tersebut telah kembali normal dilalui kendaraan.

Untuk di Pulau Bali, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 589,6 km dengan kondisi mantap 99,55 persen. Di Pulau Sumatera, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 13.417,5 km dengan kondisi mantap 95,15 persen.

Sementara itu, di Pulau Kalimantan, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.036,3 km dengan kondisi mantap 92,27 persen dan di Pulau Sulawesi, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.794 km yang secara umum dalam kondisi mantap 95,82 persen.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya tugas dari Kementerian PUPR menyiapkan prasarana transportasi darat berupa jalan dan jembatan untuk mudik dan balik," ujar Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper