Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H&M Raup Laba Rp3,1 Triliun pada Kuartal I/2024, Lampaui Proyeksi Analis

H&M membukukan laba operasional kuartalan sebesar 2,08 miliar kronor atau sekitar Rp3,1 triliun, melampaui perkiraan analis.
Gerai H&M pertama di Bali yang terletak di Mal Bali Galeria/Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum
Gerai H&M pertama di Bali yang terletak di Mal Bali Galeria/Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, JAKARTA - Peritel fesyen H&M melaporkan laba operasional kuartal I/2024 yang lebih kuat dari perkiraan di tengah peningkatan minat terhadap koleksi musim seminya. 

Mengutip Reuters, Kamis (28/3/2024) H&M membukukan laba operasional kuartalan sebesar 2,08 miliar kronor atau sekitar Rp3,11 triliun, naik dari 725 juta pada 2023. Angka tersebut juga melebihi perkiraan dari para analis dalam survei LSEG, yang sebesar 1,43 miliar kronor.

Sementara itu, penjualan turn 2% pada kuartal I/2024 namun lebih kecil dari perkiraan analis. Penjualan awal pada kuartal II/2024 juga mencerminkan peningkatan sebesar 2%, menggambarkan permintaan yang lebih kuat untuk pakaian dan aksesoris. 

CEO H&M Daniel Erver mengatakan bahwa koleksi musim semi H&M, dengan palet warna biru, putih, dan perak, telah populer di kalangan pembeli.

Peningkatan penjualan ini juga terjadi ketika pengecer asal Swedia menerapkan diskon yang lebih besar pada kuartal pertama. H&M juga merencanakan penurunan di kuartal ini untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pembelian lebih sering lagi.

Peningkatan penjualan tersebut juga merupakan bagian dari diskon yang lebih besar pada kuartal pertama, dan pengecer juga merencanakan penurunan harga pada kuartal ini, untuk memikat pelanggan baru dan mendorong pembelian lebih sering, kata Erver.

Selain itu, Erver juga mengatakan bahwa ia memperkiraan harga produk H&M akan lebih rendah pada akhir 2024 dibandingkan pada awal tahun. Hal ini karena H&M berupaya untuk meningkatan margin laba operasional sebesar 10% tahun ini, dari 3,9% pada kuartal pertama.

Adapun penjualan merek H&M lainnya, seperti & Other Stories, Arket, Cos, Monki, dan Weekday, tumbuh sebesar 8% pada kuartal pertama, mengungguli merek inti.

H&M juga mengatakan bahwa pihaknya memperbarui sekitar 250 toko tahun ini, untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di dalam toko. Hal ini merupakan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan pada tahun lalu. 

Kemudian, perusahaan juga berencana untuk membuka sekitar 100 toko, terutama di pasar yang sedang berkembang, dan menutup 160 toko di pasar yang lebih mapan, seiring dengan menyusutnya jumlah toko secara keseluruhan.

Setelah para pesaing juga merebut pangsa pasar H&M selama setahun terakhir, sang CEO menuturkan bahwa perusahaan perlu berkonsentrasi pada pelanggan intinya, dengan perempuan berusia 20-an dan 30-an dinilai sangat penting,

“Kami ingin fokus untuk menjadi merek fesyen yang kredibel, yaitu untuk pelanggan perempuan yang lebih muda,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper