Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Mudik Gratis Bus Tahun Ini Naik 21,84%, Pengguna Sepeda Motor Berkurang?

Mudik gratis Kemenhub menyiapkan 722 unit bus dan 30 unit truk. Adapun untuk kuota sepeda motor dialokasikan sebanyak 900 unit.
Mudik gratis. Ilustrasi /Bisnis.com
Mudik gratis. Ilustrasi /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang mudik gratis dengan moda bus pada Lebaran Idulfitri 2024 naik 21,84% secara year-on-year (YoY)

Sesditjen Perhubungan Darat, Amirullah mengatakan pada periode lebaran 2023 realisasi penumpang mudik gratis moda darat atau bus tercatat 24.695 orang. Adanya animo yang tinggi di kalangan masyarakat untuk mengikuti mudik gratis bus membuat Kemenhub menaikkan kuota penumpang mudik gratis lebaran tahun ini menjadi 30.088 penumpang.

"Kuota penumpang ini meningkat 21,84% dibandingkan kuota 2023 lalu. Ini sangat tinggi animonya," ujar Amirullah dalam media briefing di Kemenhub, Jumat (22/3/2024).

Secara terperinci, dia menyebut pada mudik gratis kali ini pihaknya menyiapkan 722 unit bus dan 30 unit truk. Adapun untuk kuota sepeda motor dialokasikan sebanyak 900 unit.

"Ini keberangkatan rencanya hari Sabtu dan Minggu, 6-7 April 2024," ungkapnya.

Amirullah mengatakan, dari 30.088 kuota penumpang yang disediakan seluruhnya telah habis dipesan. Sebanyak 29.411 orang atau 97,75% pendaftar mudik gratis bus telah melakukan validasi data. Sementara sisanya sebanyak 635 orang atau 2,11% belum melakukan validasi data.

Adapun ihwal peluang penambahan kuota mudik gratis bus, Amirullah mengatakan pihaknya masih akan mengevaluasinya. Musababnya, penyelenggara mudik gratis juga dilakukan oleh banyak pihak dari pemerintah daerah hingga pihak swasta.

"Pemda DKI bahkan belum buka sampai sekarang, jadi kita lihat dulu seperti apa nanti, akan kita evaluasi apakah perlu penambahan kuota mudik gratis," tuturnya.

Amirullah pun mengklaim, pelaksanaan mudik gratis telah berhasil mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor. Hasil survei Badan Kebijakan Transportasi atau BKT memproyeksikan sebanyak 31,12 juta orang atau 16,07% masih memilih menggunakan sepeda motor untuk berpergian pada periode mudik lebaran.

Namun, dia merujuk pada data angka kecelakaan lalu lintas periode mudik lebaran yang menurun setiap tahun, termasuk pada sepeda motor. 

"Setiap tahun angka kecelakaan lalu lintas agak menurun, memang tidak bisa menghilangkan pemudik sepeda motor, tapi mudik gratis bisa mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor," ucapnya.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Rabu (26/4/2023), rekapitulasi Laka Lantas selama arus mudik Operasi Ketupat 2023 periode 18-23 April 2023 tercatat sebanyak 1.456 kasus, sementara pada 2022 sebanyak 1.789 kasus kecelakaan.

Dari total 1.457 kasus kecelakaan tersebut terdiri dari kecelakaan yang berada di jalur non-tol sebanyak 1.436 kasus dan kecelakaan di jalur tol sebanyak 21 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper