Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Golput Pemilu 2024, Mal Gelar Pesta Diskon

Pengusaha ritel mengadakan pesta diskon di hari Pemilu 2024 bagi warga yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan.
Lotte Shopping Avenue di Jakarta. Pengusaha ritel mengadakan pesta diskon di hari Pemilu 2024 bagi warga yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan. /Bisnis-Akbar Evandio
Lotte Shopping Avenue di Jakarta. Pengusaha ritel mengadakan pesta diskon di hari Pemilu 2024 bagi warga yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan. /Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel bersama Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengadakan pesta diskon di hari Pemilihan Umum (pemilu) pada 14 Februari 2024 lewat program Klingking Fun.

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan program Klingking Fun menjadi upaya para pengusaha meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Di sisi lain, program Klingking Fun juga sebagai strategi mereka untuk meningkatkan penjualan di momentum tersebut. 

Dia menyebut, pada pemilu 2014 tingkat golput (golongan putih atau tidak memilih) tercatat sebanyak 30,22% dari dari 58,61 juta orang. Kemudian tahun 2019, dengan adanya program pesta diskon angka golput ternyata turun signifikan menjadi 34,75 juta itu 18% dari total pemilih.

"Inlah salah satu upaya kami berkontribusi kepada Pemerintah di dalam Pemilu bagaimana kita menghentikan Golput," ujar Shinta, Kamis (1/2/2024).

Shinta menjelaskan, dengan adanya pesta diskon yang ditawarkan sejumlah brand di pusat-pusat perbelanjaan diharapkan juga bakal mendongkrak kunjungan masyarakat untuk belanja di pusat perbelanjaan atau mal saat pemilu.

"Kami juga ingin banyak orang yang belanja masuk ke toko-toko supaya meningkatkan kunjungan ke pusat perbelanjaan, baik itu ke restoran dan ke toko," jelasnya.

Adapun para pelaku usaha yang terlibat dalam program pesta diskon Klingking Fun itu menargetkan penjualan saat pemilu di setiap gerai bisa naik 3-10 kali lipat dari rata-rata penjualan di hari normal. Sementara untuk penjualan seluruh gerai dan kategori produk rata-rata dibidik naik sekitar 20-30%.

Shinta berujar, lewat pesta diskon Klingking Fun itu diharapkan bisa menurunkan ketegangan pemilu dan menciptakan suasana pesta demokrasi yang positif. 

"Selain meningkatkan partisipasi [pemilu] kita sama-sama ingin mendorong dan meningkatkan ekonomi kita kembali pulih seperti sebelum pandemi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Klingking Fun 2024 sekaligus Plt. Wakil Ketua Umum Hippindo, Fetty Kwartati mengatakan program Klingking Fun Pesta Diskon itu akan menjadi kegiatan ikonik 5 tahunan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menyambut dan mengikuti pesta demokrasi. 

"Penyelenggaraan di tahun 2024 ini akan lebih meriah yang diikuti lebih banyak peserta retail dan mall.”tuturnya.

Fetty menjelaskan, bagi masyarakat yang telah menentukan pilihannya dengan melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024 bisa langsung mengunjungi mal atau toko ritel terdekat yang mengikuti acara Klingking Fun. Adapun program pesta diskon itu diikuti oleh 800 brand, 80 gerai, dan 400 mall yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Cukup dengan menunjukkan tinta di jari sebagai bukti partisipasi pemilu, masyarakat dapat menikmati diskon-diskon yang menarik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper