Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Naik LRT Jabodebek dan Jadwal Terbaru 2024

Berikut informasi mengenai cara naik LRT Jabodebek, tarif hingga jadwal terbaru 2024.
Informasi jadwal keberangkatan, tarif dan cara naik transportasi umum LRT Jabodebek terbaru 2024. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Informasi jadwal keberangkatan, tarif dan cara naik transportasi umum LRT Jabodebek terbaru 2024. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak resmi beroperasi pada akhir Agustus 2023, LRT Jabodebek sudah mulai menjadi pilihan oleh sejumlah masyarakat.

LRT Jabodebek merupakan moda transportasi jenis kereta ringan (light rail) yang ketiga di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia juga telah memiliki LRT Jakarta dan LRT Palembang yang masing-masing telah beroperasi sejak 2019 dan 2018.

Saat ini, LRT Jabodebek melayani sebanyak 240 perjalanan setiap harinya dengan 16 rangkaian kereta (trainset operasional). LRT Jabodebek memiliki 2 lintas pelayanan, yaitu Harjamukti-Dukuh Atas, Jattimulya-Dukuh Atas dan beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Stasiun LRT Jabodebek

Saat ini LRT memiliki 18 stasiun pemberhentian, di antaranya:

  1. Stasiun Dukuh Atas
  2. Stasiun Setiabudi
  3. Stasiun Rasuna Said
  4. Stasiun Kuningan
  5. Stasiun Pancoran
  6. Stasiun Cikoko
  7. Stasiun Ciliwung
  8. Stasiun Cawang
  9. Stasiun TMII
  10. Stasiun Kampung Rambutan
  11. Stasiun Ciracas
  12. Stasiun Harjamukti
  13. Stasiun Halim
  14. Stasiun Jatibening Baru
  15. Stasiun Cikunir I
  16. Stasiun Cikunir II
  17. Stasiun Bekasi Barat
  18. Stasiun Jati Mulya

Alat Pembayaran LRT Jabodebek

Adapun, untuk menggunakan layanan LRT Jabodebek masyarakat harus menyiapkan kartu uang elektronik (KUE) atau kartu multitrip (KMT) sebagai alat pembayaran. EVP of Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (Persero) Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah.

Dia memaparkan, LRT Jabodebek mendukung pembayaran menggunakan sistem cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) perbankan. Beberapa KUE perbankan yang dapat digunakan untuk menggunakan LRT Jabodebek adalah Brizzi BRI, Tapcash BNI, E-money Bank Mandiri, e-blink Bank BTN, Flazz BCA, dan Jakcard Bank DKI Jakarta.

Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI Pay.

Agus menambahkan, masyarakat yang kehabisan saldo atau belum membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek juga menyediakan 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik. Selain itu, LRT Jabodebek juga menyediakan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun.

Cara Naik LRT Jabodebek

Berikut tahapan cara naik LRT Jabodebek:

  1. Siapkan kartu uang elektronik (KUE) atau kartu multitrip (KMT) sebagai alat pembayaran dengan saldo minimal Rp10.000
  2. Penumpang menuju gate untuk melakukan Tap In di stasiun keberangkatan
  3. Penumpang menuju peron yang sesuai dengan tujuan perjalanan untuk menunggu LRT
  4. Saat LRT tiba, masuklah kereta dengan tertib dengan mendahulukan penumpang yang turun.
  5. Setibanya di stasiun tujuan, pelanggan dapat melakukan tap out kartu uang elektronik atau dompet digital di gate yang tersedia.
  6. Saldo kartu uang elektronik atau dompet digital otomatis terpotong.

Tarif LRT Jabodebek

Sebagai informasi, skema tarif LRT yang berlaku saat ini adalah untuk hari kerja (Senin-Jumat) pada jam sibuk adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 km pertama dan maksimal sebesar Rp20.000.

Adapun, periode waktu jam sibuk atau peak hours ditetapkan pada pukul 06.00 WIB-08.59 WIB dan mulai pukul 16.00-19.59 WIB.

Selanjutnya, tarif jam non sibuk atau off peak hours pada hari kerja dipatok Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal sebesar Rp10.000.

Waktu jam non sibuk pada hari kerja ditetapkan pada awal jam operasi hingga pukul 05.59, kemudian pukul 09.00-15.59 WIB, serta pukul 19.00 hingga akhir jam operasi LRT.

Sementara itu, tarif pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper