Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbedaan Baterai LFP vs Baterai Nikel, Mana Lebih Unggul?

Penggunaan baterai nikel (NCA/NMC) dan baterai lithium ferro phosphate (LFP) untuk mobil listrik menjadi sorotan usai dibahas di debat cawapres.
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Penggunaan baterai berbasis nikel (NCA/NMC) dan baterai berbasis besi atau Lithium Ferro Phosphate (LFP) menjadi sorotan usai dibahas dalam sesi debat Calon Wakil Presiden (Cawapres), Minggu (21/1/2024).

Saat itu, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan sikap cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terkait dengan hilirisasi nikel menjadi baterai kendaraan listrik di dalam negeri.

Gibran menyingung Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) sering mengaungkan wacana nikel yang tidak lagi digunakan sebagai bahan baku kendaraan listrik di dunia seperti pabrikan mobil listrik Tesla Inc.

Selain Cak Imin, Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong, turut menjadi sasaran ‘tembak’ Gibran soal hilirisasi nikel sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik tersebut. Timnas AMIN, kata Gibran, lebih condong menyuarakan soal LFP ketimbang baterai berbasis nikel yang menjadi arah hilirisasi pemerintah saat ini.

“Yang sering ngomong lithium ferro-phosphate [LFP] itu timsesnya, tapi cawapresnya [Cak Imin] nggak paham, Tesla nggak pakai nikel ini kan kebohongan publik, mohon maaf Tesla itu pakai nikel pak,” kata Gibran saat debat cawapres di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Malahan, Gibran bertanya spesifik posisi Cak Imin dan Tom Lembong soal antinikel lewat kampanye bahan baku alternatif nikel tersebut. Padahal, kata Gibran, Indonsia cukup kuat dengan cadangan nikel terbesar di dunia yang mestinya dikapitalisasi.

“LFP itu alternatif dari nikel, intinya ada negara yang tidak mau pakai nikel itu yang saya maksud apakah Gus Muhaimin antinikel seperti Pak Tom Lembong?” tuturnya.

Lantas, apa perbedaan Baterai LFP dan baterai nikel yang digunakan untuk mobil listrik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper